Tak Ada Kasus Baru, Tanggamus Masih Zona Kuning

189
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung yang juga istri Gubernur Lampung Riana Sari Arinal menyebut jika Tanggamus sudah masuk kategori zona hijau. Sebelumnya Tanggamus masuk dalam zona kuning karena adanya dua kasus positif Covid 19 yakni pasien 01 asal Pulaupanggung dari klaster Gowa dan pasien 02 dari klaster Temboro. Pasien 01 sendiri setelah meninggal dunia dan dikuburkan baru ketahuan hasil swabnya sedangkan pasien 02 setelah dirawat di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) Jati Agung sudah dinyatakan sembuh.

Namun kendati sudah tidak ada kasus baru positif Covid 19, namun pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 belum memberi label zona hijau bagi Kabupaten Tanggamus. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid 19 pusat, setidaknya ada 37 kabupaten/kota di 19 Provinsi yang masuk dalam kategori zona hijau atau minim risiko Covid-19 per 21 Juni 2020 dan untuk Lampung sendiri wilayah zona hijau adalah Kabupaten Tulangbawang, Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Pringsewu.

“Kabupaten Tanggamus setahu saya masuk zona hijau sehingga sudah bisa menerapkan New Normal, namun masyarakat tetap harus patuh dengan protokol kesehatan seperti jaga jarak, tidak berkerumun, selalu pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun diair mengalir dan hidari bepergian jauh apabila tidak penting,”ujar Riana kepada wartawan saat melakukan Kunjungan kerja di tempat wisata Air Terjun Way Lalaan, Kamis (25/6).

Kemudian terkait belum berubahnya zona kuning di Tanggamus menjadi zona hijau, menurut dia itu hanya persoalan waktu.”Mungkin pusat belum melakukan update data,”kata Riana.

Dalam kesempatan itu ia juga berpesan kepada kader PKK se Kabupaten Tanggamus untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari penularan virus Covid 19. “Kader PKK dari mulai tingkat kabupaten hingga yang paling bawah agar memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa itu virus Corona dan bagaimana cara menghindarinya,”sebut Riana.

Sebelumnya, Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI Irwan menyebut jika Tanggamus masuk kedalam zona hijau hal itu didasari dari laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus.

“Dan ternyata berdasarkan laporan dari Kodim 0424 dan ibu bupati tadi, Alhamdulillah untuk Kabupaten Tanggamus bisa dikatakan zona hijau, karena ada yang positif sudah sehat, adapun yang meninggal kemarin mungkin ada penyakit bawaan, karena memang hasil swabnya beliau setelah meninggal baru keluar,” ujar Irwan.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here