Anggota Polisi Beradu Olah TKP

168

PRINGSEWU – Polres Pringsewu menggelar lomba olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Dalam rangka hari Bhayangkara ke-74, di halaman Mapolres setempat, Kamis (25/6/2020).

Kegiatan lomba dibuka langsung oleh Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK dengan dihadiri oleh Wakapolres Pringsewu Kompol Misbahuddin beserta pejabat utama serta puluhan peserta lomba olah TKP.

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK menyatakan bahwa dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-74 Polres Pringsewu melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya melaksanakan lomba Olah TKP.

“Lomba bertujuan untuk mengingatkan kembali dan mengasah kemampuan personil dalam melaksanakan serangkaian kegiatan olah tempat kejadian perkara tindak pidana,” katanya.

Dikatakannya, lomba di ikuti oleh 5 polsek yaitu Polsek Pringsewu Kota, Polsek Gadingrejo, Polsek Pagelaran, Polsek Sukoharjo dan Polsek Pardasuka dan setiap Polsek mengirimkan satu tim terdiri gabungan personil Reskrim, SPK dan Sabhara.

“Ada 5 skenario kejadian yang dilombakan oleh panitia yaitu olah TKP Kasus pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan orang meninggal dunia, olah TKP kasus penemuan jasad bayi di areal perkebunan, olah TKP peristiwa gantung diri, olah TKP penganiayaan berat yang mengakibatan korban meninggal dunia dan terakhir olah TKP ditemukanya jasad seseorang didalam rumah,” ungkapnya.

Lanjutnya, Adapun penilaian materi lomba antaranya meliputi pengorganisasian Tim olah TKP, tahapan-tahapan atau penatalaksanaan Standart Operating Procedure (SOP) mulai dari saat mendatangai TKP, pelaksanaan Olah TKP dan konsolidasi setelah selesai pelaksanaan Olah TKP.
Dalam lomba, peserta yang nantinya keluar sebagai juara akan diberi penghargaan dari Kapolres Pringsewu dan juga dari kasat Reskrim Polres Pringsewu.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP Sahril Paison, SH. MH berharap, personil Polres Pringsewu serta jajarannya terus meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat khususnya dalam hal pengolahan tempat kejadian perkara.

“Harapannya bila ada kasus terjadi di wilayah Polsek maka anggota dapat mengolah TKP dengan baik. Sehingga Polisi semakin dicintai masyarakat dan dapat mewujudkan Polisi yang Promoter,”pungkasnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here