24 Pekon Belum Salurkan BLT DD

652
Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Tri Haryono.

PRINGSEWU – Sebanyak 102 pekon dari 126 pekon yang ada di sembilan Kecamatan di Kabupaten Pringsewu telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 untuk bulan April sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga (KK). Artinya Masih ada 24 pekon yang hingga kini belum menyalurkan dana bantuan tersebut.

Dari 102 pekon di Kabupaten Pringsewu yang menerima BLT DD total 15.493 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

“Sudah 102 pekon yang menyalurkan BLT DD tahun 2020 untuk bulan April sebesar Rp 600 ribu per KK. Pekon yang lain masih dalam proses terkendala pencetakan buku rekening di Bri. Target bulan ini selesai,” ungkap Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Tri Haryono kepada Radar Tanggamus, Rabu (24/6/20). 

Menurut Tri Haryono, bahwa BLT DD total anggaran Rp 39,2 milyar ini yang digunakan untuk masyarakat kurang mampu terdampak pandemi Covid-19 sebesar Rp600 ribu / per KK disalurkan selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni 2020. Selain itu BLT DD juga berlanjut sampai di Juli, Agustus September dengan besar hanya Rp 300 ribu per KK. 

“Penyaluran kita berkerjasama melalui BRI secara non tunai ditransfer langsung ke rekening kelompok penerima manfaat (KPM). Jadi, pemerintah Pekon yang mendata menetapkan siapa saja warga yang berhak mendapatkan BLT DD, ” Kata dia. 

Selain itu juga lanjut Tri Haryono, untuk di Kabupaten Pringsewu yang sudah menyalurkan BLT DD di bulan Mei baru 10 Pekon. Sedangkan penyaluran BLT DD di bulan Juni masih dalam proses pencairan menggunakan dana desa di tahap ketiga. 

“Agak lambat proses penyaluran ada kendala di pekon dalam melakukan pendataan penerima BLT ditemukan ganda, Karena sudah mendapat kan bantuan BBNT dan BST dari Kemensos. Sehingga pekon harus kembali merevisi KPM,” pungkasnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here