Warga Kaur Gading Desak Inspektorat Lakukan Investigasi

256
Ilustrasi Net

PEMATANGSAWA—Warga Pekon Kaur Gading Kecamatan Pematangsawa mendesak Inspektorat Tanggamus untuk turun guna melakukan investigasi terhadap pekerjaan fisik jalan rabat beton. Pasalnya warga menduga hasil pekerjaan jalan rabat beton tahun 2019 lalu dipekon setempat kualitasnya diduga asalan sehingga menyebabkan jalan cepat rusak.

Azwar warga Pekon Kaur Gading meminta agar tim Inspektorat Tanggamus dapat turun dan melakukan investigasi menyeluruh. Ia juga meminta agar warga sekitar maupun anggota badan hipun pemekonan (BHP) dan mantan anggota BHP juga dimintai keterangan.

“Katanya inspektorat mau turun untuk melakukan pemeriksaan, tapi kok ini belum. Dan juga harapan warga agar mereka juga dimintai keterangan,jangan hanya aparat pekon saja,”ujarnya.

Dilanjutkan Azwar bahwa , setelah kerusakan jalan rabat beton diberitakan oleh media, maka aparat pekon langsung melakukan perbaikan dengan tujuan saat dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat hasilnya tidak ditemukan kerusakan. “Ada pihak yang mencoba menutupi, makanya setelah ramai muncul pemberitaan jalan Waybuyuk yang rusak langsung diperbaiki. Saya harap pihak inspektorat tidak terkecoh, lakukan audit cek RAB nya pasti kualitasnya ketahuan,”ungkapnya.
Sementara Sekretaris Inspektorat Tanggamus,Gustam Apriansyah mengatakan bahwa pihaknya belum turun ke Kaur Gading karena saat ini tim Irban V yang ditugaskan masih melakukan pemeriksaan lain.”Masih ada sejumlah pekerjaan yang belum selesai , begitu selesai maka Tim Irban V akan segera turun, insyaallah akhir Juni ini atau paling lambat awal Juli,”ujar Gustam mewakili Inspektur Ernalia.

Kemudian terkait saran masyarakat agar dilibatkan dalam pemeriksaan. Gustam mengaku bahwa saran tersebut akan menjadi masukan ketim Irban V.”Selain unsur pelaksana kegiatan tim juga akan bertanya kepada pelapor dan juga masyarakat selaku pengguna jalan. Kemudian terkait jalan yang sudah diperbaiki, kami akan melakukan audit belanja, sudah sesuai apa belum dengan RAB, nantikan disitu ketahuan,”pungkas Gustam.

Sementara hingga berita ini diterbitkan, wartawan Radar Tanggamus belum berhasil mengkonfirmasi kepada Pj Kakon Kaur Gading Berli, saat dihubungi nomor ponselnya dalam keadaan tidak aktif. Upaya konfirmasi juga coba dilakukan terhadap orang kepercayaannya,kendati aktif namun tidak ada jawaban. Semetara Sekretaris Pekon Kaur Gading Mukri yang dihubungi melalui ponsel mengaku tidak tahu apa apa mengenai pembangunan jalan rabat beton di Pekon setempat yang bersumber dari DD, begitupun soal perbaikan jalan.

“Kalau soal itu saya tidak tahu apa apa, sebab saya sudah lama sakit, ini saja baru pulang dari dokter, sudah lama saya tidak ke Kaur Gading karena harus berobat ke Kotaagung,”ujar Mukri.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here