Hasil Pencarian 7 ABK KM Puspita Jaya Masih Nihil

679
Tim Basarnas Lampung saat melakukan pencarian terhadap tujuh ABK KM Puspita Jaya yang terbalik di Pulau Rakata. Senin (22/6) foto Basarnas

KOTAAGUNG-Tim Basarnas Lampung yang melakukan pencarian terhadap tujuh anak buah kapal (ABK) KM Puspita Jaya yang terbalik di Pulau Rakata masih belum membuahkan hasil.

Menurut Plt Kasi Operasi Basarnas Lampung, Deny Irsyansyah Mezu, pola pencarian dengan penyisiran di perairan Teluk Semaka hingga Teluk Kiluan, Kelumbayan. “Sampai sekarang hasil pencarian masih nihil, kami juga sudah beritahukan ke nelayan, kapal yang berlayar dan berkoordinasi dengan jajaran TNI AL dan Polairud,” ujar Deny, Senin malam (22/6)

Ia menjelaskan, untuk penyisiran sudah dilakukan di perairan Kiluan sampai Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak sampai perairan Tampang Tua, Tampang Muda, Kecamatan Pematang Sawa. Sedangkan untuk ke arah perairan Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) atau Pesisir Barat masih terkendala cuaca buruk.

Basarnas juga mempertimbangkan kondisi cuaca, apabila buruk maka tidak diteruskan agar mengurangi dampak yang lebih besar lagi.
Kemudian zona pencarian terbagi dua, yakni di perairan yang ada di wilayah Tanggamus dan Pesisir Barat. Total personel yang dilibatkan 17 personel, lalu dibagi dua tim.

“Pencarian menggunakan satu kapal untuk yang di Tanggamus. Untuk di Pesisir Barat masih penyisiran di pantai. Personel yang terlibat dari pos Tanggamus, pos Bakauheni, dan dari Basarnas Lampung,” beber Deny.

Diungkapkannya bahwa pencarian di perairan Tanggamus, sifatnya hanya dukungan, sebab fokus utama pencarian masih di perairan Banten dan Jawa Barat.

Namun alasan dimasukkannya Tanggamus sebagai lokasi pendukung karena secara perhitungan, saat ini arus laut dan angin mengarah ke barat, dalam hal ini Tanggamus, dan Pesisir Barat.
“Dari kondisi itu maka dugaanya para korban bisa terbawa arus laut mengarah ke barat. Untuk itu kami diminta bantuannya untuk turut mencari,” terang Deny.

Ia mengaku, upaya pencarian masih akan berlangsung sampai 24 Juni.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here