Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum Sandang Gelar Doktor

169

PRINGSEWU – Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Adhar Al Mursyid resmi menyandang gelar Doktor Manajemen Pendidikan Islam, usai mengikuti Ujian Promosi Doktor, di kampus Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Adhar Al Mursyid yang juga Bendahara Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW PERGUNU) Lampung itu mengusung disertasi berjudul Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pringsewu.

Dihadapan para Penguji Ujian Doktor yang diketuai Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag sekaligus Rektor UIN Raden Intan Lampung, ia sukses membawakan disertasi, kendati seraya mengenakan masker karena dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).

“Pemahaman terhadap implementasi Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Pringsewu menjadi penting dalam rangka melihat secara utuh bagaimana mekanisme manajemen kinerja guru di jalankan selama ini, maka saya merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pringsewu”, ujar Adhar Al Mursyid saat menyampaikan isi disertasinya.

Suami dari Eka Wahyuningsih, S.Pd.I ini menambahkan, Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah ini memfokuskan pada tiga aspek diantaranya 1) Perencanaan sumber daya manusia yang meliputi analisis kebutuhan guru, rekrutmen dan seleksi serta penugasan guru; 2) Pembinaan guru yang meliputi supervisi akademik, pendidikan dan pelatihan serta reward dan punisment; dan 3) Penilaian Kinerja Guru (PKG), Uji Kompetensi Guru (UKG), Sistem Kinerja Pegawai (SKP).

“Diharapkan adanya tiga hal yang menjadi fokus tersebut, kiranya kinerja guru madrasah aliyah di Kabupaten Pringsewu dapat semakin meningkat,” ujar pria yang juga Dosen STIT Pringsewu itu.

Sementara promotor dan para penguji usai dengarkan paparan dan melakukan tanya jawab terkait disertasi yang diusung promovendus, sepakat memberi penilaian dengan predikat Sangat Memuaskan.

“Mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam dengan NPM 140302012 atas nama Adhar Al Mursyid kami nyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan,” ujar Ketua Sidang Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag yang juga Ketua PWNU Lampung.

Prof. Mukri biasa ia disapa mengatakan dengan hasil kelulusan tersebut, Adhar Al Mursyid berhak diberikan gelar Doktor Bidang Manajemen Pendidikan Islam. “Dr. Adhar Al Mursyid, M.Pd.I yang lulus pada tanggal 4 Juni 2020, ini merupakan Doktor ke-112 UIN Raden Intan Lampung,” pungkasnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here