Gandeng Dandim, Syafi’i Kawal Protokol Kesehatan di Pasar

726

WONOSOBO—Penegakan disiplin protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid 19 terus dilakukan jajaran Pemkab Tanggamus bersama instansi terkait. Sasaran utamanya meliputi area publik, pasar tradisional salah satunya.

Seperti Minggu pagi misalnya (7/6) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganannya Covid 19 Kabupaten Tanggamus melakukan Penegakan Disiplin di Pasar tradisional Wonosobo. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Tanggamus Hi.A.M Syafi’i turut dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 0424/Tanggamus Letkol INF Arman Aris Sallo, Danramil Kotaagung Kapten Inf Julian Abri, sejumlah personel Satpol PP dan petugas UPT pasar.

Dalam kesempatan tersebut wabup serta dandim memberikan arahan kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk selaku gunakan masker jaga jarak dan rajin mencuci tangan pakai sabun. Saat kedapatan pengunjung tidak menggunakan masker maka disuruh kembali kerumah untuk pakai makser. Setelah pakai masker baru diizinkan berbelanja dipasar.

Menurut wabup Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Dengan masyarakat disipilin diharapkan dapat menekan angka positif Covid 19 secara signifikan.”Maka kita harus optimis bahwa kita siap melaksanakan kehidupan New Normal (adaptasi kehidupan baru) di wilayah Kabupaten Tanggamus,” ujar Syafi’i.

Dikatakan Wabup bahwa saat ini diseluruh dunia termasuk Indonesia sedang mengalami Pandemi Covid-19. Akibatnya semua daerah di Indonesia khususnya Tanggamus turut  terdampak akibat Pandemi ini.”Dampaknya sangat terasa diseluruh lapisan masyarakat. Bukan saja dampak sosial dan ekonomi namun juga korban nyawa,” urai Syafi’i.

Syafi’i menambahkan, penegakan disiplin terus dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan virus Covid-19, melibatkan semua lini, baik dari tingkat pekon, kelurahan, kecamatan, kepolisian, TNI serta lainnya. Kegiatan dilakukan secara berkelanjutan terus menerus menyasar tidak hanya tempat pasar saja, akan tetapi juga tempat yang berpotensi mengumpulkan banyak orang.

“Kita harapkan, dengan sosialisasi dan edukasi yang kita sampaikan secara terus menerus seperti saat ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan lain sebagainya, akan terus meningkat,” kata wabup.

Sementara Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo yang juga Wakil Ketua I Gugus tugas percepatan penanganan virus Covid-19 Kabupaten Tanggamus menerangkan, bahwa saat ini diseluruh dunia termasuk di Indonesia sedang mengalami Pandemi Covid-19, tak terkecuali Kabupaten Tanggamus.

“Dampaknya pun sangat terasa diseluruh lapisan masyarakat. Bukan saja dampak sosial dan ekonomi namun juga banyak korban jiwa atau kematian,” ungkap Dandim.

Mantan Danyon Yonif 143/ Tri Wira Eka Jaya (TWEJ) Natar Lampung Selatan, juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus, untuk dapat mendukung dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan, agar Kabupaten Tanggamus dapat segera kondusif bebas dari wabah COVID-19.

“Kegiatan yang dilaksanakan seperti saat ini juga harus terus dilakukan, karena mengingat tingkat kesadaran masyarakat khususnya Tanggamus masih kurang, bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker, maka akan diperintahkan untuk mencari atau membeli masker setelah itu baru bisa kembali melanjutkan kegiatannya di luar rumah,” tegasnya.

Usai pelaksanaan kegiatan penertiban dan penegakan peraturan protokol kesehatan Gugus Tugas Covid-19 di Pasar Wonosobo, rombongan melanjutkan kegiatan yang sama ke lokasi wisata Pantai Sawmil.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here