BPBD Segera Survey Ulang

790

KOTAAGUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus akan kembali meninjau jalan di Pekon Sinarbangun, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, yang kondisinya nyaris putus lantaran tergerus aliran sungai Way Semaka.

“Rencananya hari ini atau besok, saya bersama Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Pak Ediyan M Thoha akan survey ulang ke Pekon Sinarbangun,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Tanggamus Mansyurin, Selasa (2/6).

Menurutnya, sebelumnya BPBD juga sudah melakukan survey ke Pekon Sinarbangun pada 11 Mei lalu. Dari hasil survey, lanjut dia, kondisi sungai memang sangat memprihatinkan. BPBD juga saat itu belum berani menurunkan alat berat karena kondisi sungai cukup dalam dan arusnya deras.

“Kalau eksavator dipaksakan turun takutnya malah bermasalah, artinya bisa terendam atau hanyut, karena arus sungai memang sangat deras,” ujar Mansyurin.

Mantan Kepala Bidang Pembangunan Pekon ini mengaku, jika dilihat dari kewenanganya, perbaikan sungai Way Semaka memang wewenang Pemerintah Provinsi. Namun ia tidak menampik, jika Pemerintah Kabupaten juga bisa memperbaikinya dengan tanggap darurat.

” Pemerintah Kabupaten bisa melakukan tanggap darurat di Sungai Way Semaka,” bebernya.

“Kalau sekarang usulan proposal dari pekon juga sudah masuk, makanya nanti mau disurvey dan dikaji untuk diteruskan ke pimpinan,” tambah Masnyurin.

Saat ini, lanjut Mansyurin, BPBD sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi. Selain itu, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan PT. Tanggamus Electric Power (TEP) terkait kebijakan penanganan darurat oleh perusahaan tersebut.

“Di daerah itu kan ada tower SUTET. Kemarin juga sudah koordinasi dengan PT. TEP, terkait apa yang akan dilakukan dengan PT. TEP. Namun baru informasi informal yang kita dapat, karena belum bertemu langsung dengan pihak manajemennya. Kalaupun ada kebijakan dari PT. TEP untuk penanganan kedaruratanya, ya kita Pemerintah Daerah welcome,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Anggota DPRD Tanggamus Daerah Pemilihan (Dapil) I yakni Baharen, Azmi dan Bunyamin meninjau kondisi jalan di Pekon Sinarbangun, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, yang nyaris putus akibat tergerus arus sungai Way Semaka, Senin (1/6).

Dalam tinjauanya, ketiganya kompak meminta BPBD untuk segera melakukan langkah tanggap darurat. Mengingat kondisi jalan tersebut nyaris putus dan merupakan satu-satunya akses jalan menuju Pekon Sinarbangun.

“Kalau jalan ini putus, warga Pekon Sinarbangun akan terisolir. Untuk itu, kami minta agar Pemkab Tanggamus segera melakukan langkah tanggap darurat. Dan mengupayakan normalisasi sungai serta pembangunan tanggul permanen ke Pemerintah Provinsi,” kata Baharen, diamini Azmi dan Bunyamin.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here