Napi Lapas Kotaagung Silahturahmi Lebaran Melalui Video Call

98

KOTAAGUNG–Menjalani kehidupan di penjara tidak menghalangi para narapidana di Lapas Kelas II Kotaagung untuk bersilahturahmi dengan keluarga. Silahturahmi tersebut tentu bukan tatap muka langsung melainkan dengan virtual melalui video call hal ini lantaran masih dalam situasi Pandemi Covid 19.

Kelapa Lapas Kelas II B Kotaagung Beni Nurrahman mengatakan bahwa layanan video call sebagai ganti kunjungan keluarga secara tatap muka. Langkah ini juga untuk menindaklajuti instruksi Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 Tanggal 17 Maret 2020 Tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian Dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19) pada UPT Pemasyarakatan.

“Layanan video call ini sebagai upaya mempermudah komunikasi WBP Lapas Kotaagung dengan keluarga khususnya saat moment hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini.Selain Video Call Lapas Kotaagung juga menyediakan Wartelsuspas,” ujar Beni.

Dilanjutkan Beni, sebagai solusi dalam pemenuhan hak warga binaan untuk dikunjungi oleh keluarga pihak Lapas telah menyiapkan empat perangkat komputer yang bisa mengakomodir 426 warga binaan.

“Setiap warga binaan mendapat jatah 15 menit untuk layanan video call ini. Dan ini tidak dipungut biaya alias gratis, kendati hanya melalui video call namun tidak mengurangi makna untuk silahturahmi dengan keluarga,”kata dia.

Masih kata Beni bahwa para warga binaan dalam Idul Fitri ini masih dapat merasakan masakan khas lebaran dari rumah, sebab pihak keluarga masih diperbolehkan mengirim makanan.

“Titipan barang dan makanan dari keluarga kepada warga binaan masih diperbolehkan,pihak keluarga diperbolehkan hanya sampai dipendaftaran layanan didepan kantor,”pungkas Beni.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here