Bupati Serahkan Bansos Kemensos Bagi Warga Terdampak Covid 19

432

GISTING—Masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Tanggamus yang terdampak Covid 19 kini dapat tersenyum gembira, pasalnya mereka sudah dapat merasakan bantuan langsung tunai (BLT) atau Batuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Launching BST/BLT ini dipusatkan di GSG Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Senin (11/5).Dalam launching tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti sebelum masuk dicek suhu tubuh, jaga jarak, wajib pakai masker dan handsanitizer. Turut hadir Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, S.E,M.M, Wabup Hi AM Syafii,S.Ag, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan,S.Sos, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kajari David P Duarsa,S.H,M.H, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, S,IK,M.M, Inspektur Ernalia, Kadisos Zulfadli, Kadiskominfo Drs.Sabaruddin dan Camat Gisting Purwanti.

Kepala Kantor Pos Bandar Lampung, Yessi Agustianti, S. E, M. M mengatakan bahwa pada saat launching ini baru untuk tiga pekon di Kecamatan Gisting dengan total 306 penerima,dengan rincian Pekon Gisting Bawah 149 penerima, Gisting Atas 95 dan Gisting Permai 62 penerima. “Setelah launching ini baru besoknya serentak dilakukan di semua kecamatan yang memiliki kantor pos,” ujar Yessi.

Dilanjutkan Yessi, teknis pembagian BST yakni calon penerima mendapat undangan dari pihak kantor pos. Undangan tersebut nantinya dibawa bersama dengan kartu keluarga (KK) aseli.”Tidak bisa berwakil, harus si penerima yang ada di KK yang datang (ibu atau bapak). Kalaupun bapak/ibu nya meninggal bisa diwakili oleh anak atau anggaota keluarga lain namun anak tersebut harus juga tercantum dalam KK tersebut, “ujar Yessi.

Sementara Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani megatakan bahwa, BST/BLT ini diberikan selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni. Setiap bulan penerima mendapat Rp600 ribu.” Pencairan sekarang untuk bulan April, kalau untuk Mei dicairkan setelah lebaran, “ujarnya.

Dilanjutkan bupati bahwa jumlah penerima BST di Tanggamus yang sudah terverifikasi sebanyak 34.721 orang namun Kemensos RI baru memberikan kuota sebanyak 32.008 orang.” Untuk sisanya sekitar 2000 an lagi itu yang sedang kami perjuangkan agar dapat, pokoknya kami kejar terus verifikasinya, “kata Bunda Dewi sapaan akrab bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan pusat yang telah menggelontorkan bantuan ditengah Pandemi Corona. Menurut dia, bantuan ini sangat membantu masyarakat pra sejahtera.

” Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak, aparat TNI/Polri, operator, relawan, jajaran kecamatan, pekon yang sudah berjuang untuk menyalurkan bantuan. Dan kepada bapak ibu penerima semoga bantuan ini dapat meringankan beban ditengah situasi sulit akibat Covid 19 ini, pergunakan sesuai kebutuhan, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, “pungkas Bunda Dewi. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here