Reklame Dibiarkan Roboh, Ancam Pengguna Jalan

418

KOTAAGUNG—Sebuah billboard/papan reklame berukuran besar di Jalan Ir. Hi. Juanda Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung dibiarkan roboh. Billboard bergambarkan bupati dan wakil bupati Tanggamus dengan ukuran 3X5 meter itu kondisinya sangat membahayakan pengguna jalan, dimana besi penyangga papan juga terlihat hampir lepas, beruntung ada kabel listrik milik PLN yang menyangga sehigga tidak langsung roboh ketanah.

Menurut warga sekitar Purwanto jika rangka reklame tersebut roboh sejak Sabtu 18 April lalu atau hampir dua minggu, namun hingga saat ini tak kunjung dievakuasi.”Ya sudah mau dua minggu ini robohnya. Kejadiannya saat itu pas hujan deras disertai angin kencang pada sore hari” ujarnya.

Menurut Purwanto, jika tidak cepat ditangani, reklame besar tersebut bisa roboh dan menimpa pengguna jalan.“Diharapkan pada dinas terkait cepat tanggap, reklame itu bisa jatuh jika diterjang angin kencang sekali lagi,” ungkapnya.

Hal sama juga dikatakan warga lainnya Heri, robohnya kerangka reklame karena kondisinya sudah mulai usang sedangkan oleh dinas terkait tidak pernah dilakukan perawatan sehingga ketika ditiup angin kerangka yang berisikan gambar orang nomor satu di Tanggamus itu ambruk.” Ambruk nimpa kabel telkom juga,”ungkapnya.

Sementara itu mantan Kepala Pekon Terbaya Agus Behaki mengatakan, jika papan reklame itu milik Provinsi namun selama ini sering digunakan oleh Pemkab Tanggamus. Selayaknya dinas terkait segera memperbaki reklame yang ambruk tersebut. Pasalnya, selain tak sedap dipandang mata juga membahayakan keselamatan masyarakat.

“Kalau gak salah reklame itu milik provinsi, tapi kepastiannya saya kurang tahu. Yang pastinya kerangka ini segera evakuasi,”jelasnya.

Pantauan koran ini, rangka reklame ini sudah cukup membahayakan masyarakat sekitar, karena kondisinya sudah terlepas dari tiang penyanggahnya. Meski demikian, hingga saat ini tak kunjung disikapi oleh Pemkab Tanggamus bahkan

beberapa dinas yang sempat di konfirmasikan saling lempar tanggungjawab. Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Hamid H. Lubis menegaskan, akan segera menyikapi persoalan tersebut dengan memerintahkan dinas terkait turun untuk mengevakuasi bangkai reklame yang sudah ambruk.”Iya akan saya intruksikan segera,”pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here