Sebelum Menyebrang, Calon Penumpang Didata

268

KOTAAGUNG—Warga yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Kotaagung menuju sejumlah pekon di Kecamatan Pematangsawa dan Cukuhbalak dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan oleh tim gabungan, ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Kasi Angkutan Laut Irwan Suteja, mendampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tanggamus, Razi Azanisyah menerangkan, tim gabungan tersebut terdiri dari Kodim 0424 Tanggamus, Polsek Kotaagung, Syahbandar, Polairud, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta Pelabuhan Kelas II Panjang wilayah kerja Teluk Semaka.

Dalam pendataan menurut Iwan Suteja, satu persatu penumpang dengan tujuan pulau kecil seperti Pekon Karang Brak, tirom, Tampang, Kaur Gading, Kecamatan Pematang Sawa, dan Pulau Tabuan Kecamatan Cukuh Balak diperiksa suhu badan.

“Dibukanya posko Covid-19 pelabuhan Kotaagung ini untuk memastikan bahwa para penumpang kapal tidak terpapar virus Corona, kita mengarahkan kepada para penumpang untuk didata dan dicek terlebih dahulu oleh tenaga medis, sebelum keberangkatan,”kata Irwan, Senin (20/4).

Dilanjutkannya bahwa animo warga yang hendak menyeberang masih banyak, maka dari itu pihak gabungan dalam hal ini akan terus intens melakukan pendataan. Pendataan bagi penumpang tidak hanya berlaku bagi yang hendak menyebrang saja akan tetapi penumpang yang baru datang dari sejumlah pekon di wilayah pulau juga diterapkan hal serupa.

“Alhamdulillah, semua kooperatif dan kita sampaikan kepada mereka bahwa ini kita lakukan untuk kepentingan bersama, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,”terangnya.

Terpisah, Lurah Pasar Madang, Dede Chandra mengapresiasi berdirinya pos Covid-19 pelabuhan Kotaagung tersebut, hal ini sangat perlu dilakukan mengingat wilayah pelabuhan yang notabenenya tempat berkumpulnya penumpang dari berbagai wilayah dengan tujuan sejumlah pekon di wilayah pulau kecil telah ada pos covid-19.

“Memang ini sudah lama kita inginkan, dan kita harapkan warga, khususnya yang baru datang dari wilayah terkonfirmasi virus Corona lebih dulu melakukan pendataan, dan pengecekan suhu badan, sebelum mereka melakukan penyeberangan,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here