Lawan Corona, Kurangi Biaya Rapat Hingga Perjalanan Dinas

308
Ilustrasi Net

KOTAAGUNG–APBD tahun anggaran 2020 Kabupaten Tanggamus bakal dioptimalkan untuk antisipasi penularan dan penanganan Virus Corona (Covid-19) .

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Tanggamus Suaidi, melalui Kabid Anggaran Joni Fatriyansyah mengatakan, hal itu merujuk surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2436/SJ tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Corona (Covid-19) dilingkungan pemerintah daerah.

Adapun isi surat edaran tersebut ialah optimalisasi penggunaan APBD dalam memprioritaskan untuk antisipasi penanganan dan penularan Covid-19. Diantaranya untuk kebutuhan rumah sakit, pengadaan masker, hand sanitizer dan termal gun.

“Menindaklanjuti surat edaran Mendagri tersebut, langkah kita pertama merevisi anggaran dengan cara penjadwalan ulang, capaian program dan kegiatan lainnya. Kemudian pengurangan biaya rapat, perjalanan dinas, pengeluaran pembiayaan, dalam tahun anggaran berjalan, dan kedua pembebanan langsung biaya tak terduga, “terang Joni.

Dijelaskan Joni bahwa BPBD dalam hal ini sebagai leading sektor sedang merinci yang akan diambil, berdasar SE Mendagri tersebut.” Kemudian OPD membuat nota dinas untuk mengambil biaya tak terduga tadi,”ujar Joni.

Terpisah, Sekretaris BPBD Iyen Mulyani, mewakili Kepala Pelaksan BPBD Ediyan M. Thoha, menerangkan pihaknya akan berkoordinasi dengan semua gugus tugas salah satunya Diskes, yang mana tidak hanya fokus pada alat kesehatan saja akan tetapi kesiapsiagaan dan edukasi kepada masyarakat, baik itu banner serta sosialisasi ditempat tempat umum baik itu pasar terminal dan tempat lainnya.

“Terkait pengadaan alat kesehatan merujuk dari surat edaran Mendagri, secepatnya akan kita upayakan, karena kendala saat ini kendati harga seperti masker dan hand sanitizer naik, barangnya juga susah ditemui, akan tetapi kita yakin dengan koordinasi yang baik semuanya akan berjalan dengan sebagai mana mestinya,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here