Rutan Kotaagung Sosialisasikan Covid 19 dan Edukasi Warga Binaan

296

KOTAAGUNG— Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kotaagung melaksanakan sosialisasi COVID-19 dengan menggandeng Tim Pencegahan dan Penanggulangan Infeksi (PPI) Kabupaten Tanggamus.Hal ini menindaklanjuti arahan Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Kegiatan berlangsung Selasa (17/3) diikuti seluruh petugas rutan dan warga binaan (WB) Acara dibuka langsung Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, J.M. Prameswari.

Dalam sambutannya Sobirin menegaskan agar warga binaan memperhatikan dengan seksama apa yang disampaikan tim PPI.

” Hal ini penting, karena lapas dan rutan merupakan salah satu tempat yang rawan dalam penyebaran virus Corona,”ujar Karutan.

Karutan menambahkan bahwa Rutan Kotaagung telah melaksanakan upaya-upaya pencegahan, diantaranya penyediaan wastafel dan sabun cuci tangan dan membatasi kunjungan WB dalam hal ini anak-anak dilarang ikut membesuk. “Selain itu, makanan yang di perkenankan dibawa pembesuk hanya makanan rumahan yang dimasak sendiri,” imbuh Sobirin.

Sosialisasi CoVID-19 di Rutan Kotaagung dipimpin langsung oleh dr.Tiara Paraswati Yuniandri selaku ketua tim. Tiara menjelaskan bahwa virus Corona ini sangat cepat penyebarannya, terutama melalui kontak langsung antar manusia.

Oleh sebab itu ia menekankan pentingnya menjaga kebersihan diri, lingkungan dan pola hidup sehat bagi warga binaan.

Warga binaan juga diedukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar serta etika batuk, sebagai upaya preventif yang utama. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara petugas dan warga binaan. (rls/ehl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here