Wabup Tegaskan, Tes CPNS Bebas KKN

287

PAGELARAN -Wakil Bupati Tanggamus Hi. A. M. Syafii meninjau pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS), Selasa (18/2) yang berlangsung di SMK Yadika Pegelaran Kabupaten Pringsewu.

Dalam kunjungan yang didampingi Staf Ahli Bupati Bidang KSDM Firman Ranie, Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanisa dan Kepala BKPSDM Aan Derajat tersebut, Syafii meninjau sejumlah ruangan mulai dari ruang pelaksanaan tes sebelum tes dimulai dan ruangan steril tempat peserta menunggu giliran untuk tes.

Dalam Arahannya H.Am.Syafi’i mengatakan, seleksi tes CPNSD yang dilaksanakan pada hari ini merupakan seleksi Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan pada tahun 2020.”Pelaksanaan tes CPNS ini bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), “tegas Syafii.

Wabup juga berharap kepada para peserta tes agar tidak datang terlambat, tenang dalam mengisi soal.” Untuk SKD tahun ini passinggrade atau nilai ambang batas diturunkan, dengan diturunkannya passinggrade saya berharap semua formasi terisi,”kata Syafii.

Sementara berdasarkan pantauan, hingga sesi kelima, pelaksanaan SKD dihari ketiga tidak ada kendala berarti baik dari komputer maupun dari listrik. Sebelum memasuki ruang tes yang berada di Lantai IV Gedung SMA/SMK Yadika, Pagelaran, Pringsewu, dilakukan pemeriksaan ketat oleh petugas terhadap peserta. Dalam pemeriksaan tersebut dilengkapi dua alat metal detector sehingga benda elektronik seperti HP, arloji dan ikat pinggang. Total ada tiga kali pemeriksaan, panitia juga menyediakan tempat penitipan barang yang diberi nomor sehingga tidak akan tertukar. Hal ini untuk mencegah barang terlarang masuk. Sambil menunggu giliran masuk ke ruangan tes, peserta sesi berikutnya menunggu diruang isolasi, disini peserta mendengarkan penjelasan secara audio visual mengenai tata cara pengisian jawaban metode computer assisted test (CAT). Lalu imbauan dan arahan juga diberikan panitia seleksi daerah (panselda) kepara peserta. “Alhamdulillah, hingga sesi ketiga tiga dihari kedua ini pelaksanaan berjalan lancar,harapannya sampai selesai tidak ada kendala, “kata Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat.

Dilanjutkan Aan, bahwa hingga hari kedua ini, dalam setiap sesinya tidak penuh 200 peserta karena ada saja peserta yang tidak hadir. Hal ini sangat disayangkan, sebab untuk sampai SKD peserta harus dulu melalui tahapan yang terbilang cukup rumit seperti harus antre mendaftar secara online diportal BKN, lalu dilanjutkan dengan seleksi berkas.

“Kemarin dihari pertama 69 tidak hadir, sementara dihari kedua hingga sesi kelima ada 59 peserta tidak hadir, dan dihari ketiga 77 peserta tidak hadir, kan ini sayang,sebab sudah melalui tahapan seleksi berkas, dalam seleksi berkas kemarin 446 peserta tidak lolos. Tes CPNS ini bagian dari ikhtiar, “ujar Aan.

Masih kata Aan, dalam SKD tahun ini, passinggrade diturunkan dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini. Passinggrade 271 yang terdiri dari Karakter Pribadi (TKP) 126, TIU (Tes Intelegensi Umum) 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65.” Ada salah satu peserta yang nilainya 457 sementara dari 100 soal kalau jawaban benar semua nilainya 500. Peserta tersebut adalah pria yang ikut disesi ketiga dihari pertama kemarin, “kata Aan. Dijelaskan Aan, bahwa peserta yang lolos passinggrade maka akan melaju ketahap berikutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).” Tiga terbaik disetiap formasi, akan mengikuti SKB. Dalam. SKB nanti serentak langsung se Lampung, “pungkasnya.

Dibagian lain, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Firman Ranie, sempat memberikan motivasinya kepada peserta yang menunggu diruang isolasi. Dalam arahannya Firman meminta peserta untuk percaya pada kemampuan diri sendiri.” Bismillah, percaya kepada kemampuan diri sendiri, berdoa kepada Allah, semoga apa yang dicita-citakan terkabul, kami tunggu kalian untuk bergabung menjadi bagian dari Pemkab Tanggamus,” ujar Firman Ranie. Terpisah, Irwan salah satu peserta asal Kota Gajah, Lampung Tengah mengaku dari 100 soal yang terdiri dari TKP,TWK dan TIU, yang dirasakannya paling sulit adalah TIU. Beruntung nilai yang diraihnya mencapai 308 yang artinya melewati ambang batas (passing grade). “Alhamdulillah, mencapai passing grade, dari kertiga komposisi soal, yang sulit menurut saya adalah TIU, tadi ada soal bergambar dimana harus dicocokan. Untuk waktu tidak ada masalah, tadi selesai sisa waktu masih delapan menit lagi,” ujar pria yang megambil Formasi Guru Matematika di SMPN Kelumbayan itu.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here