Keamanan Soal SKD Dijamin Badan Siber

973

PRINGSEWU  – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan perekrutan Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Pringsewu tahun 2019 dengan pelaksanaan  tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) menjamin transparansi dan akuntabilitas. 

“Kami pastikan Perekrutan CPNS dengan tes SKD menggunakan sistem CAT menjamin transparansi dan akuntabilitas, ” ungkap Kepala Kantor Regional 5 BKN Jakarta, Bajoe Loedi H didampingi Kepala BKPSDM Pringsewu, M. Dawam Rahardjo saat meninjau pelaksanaan Tes SKD  CPNS Pemkab Pringsewu di SMK Yadika Pagelaran belum lama ini. 

Menurut Bajoe, bahwa soal-soal seleksi dijamin keamanannya oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sehingga nya, tidak ada celah kecurangan atau calo yang bisa meluluskan peserta. 
“Jadi kalau ada orang atau calo yang tidak bertanggung jawab datang bilang bisa menjanjikan meluluskan peserta itu tidak mungkin bisa. Karena, Panitia juga menyiapkan layar LCD yang bisa digunakan para peserta untuk memantau nilai peserta secara langsung. Dengan sistem ini, nilai peserta tidak mungkin bisa dimanipulasi, “kata dia. 

Dijelaskan Bajoe, untuk pelaksanaan tes SKD di Kabupaten Pringsewu berjalan dengan baik dari segi infrastruktur ruang yang disediakan.  “Yang penting dalam mobilisasi peserta tidak ada penumpukan dari peserta sesi satu dengan peserta sesi berikutnya,” ucap dia. 

Sementara itu, Kabid Pengadaan Pemberhentian Penilaian Kinerja dan Informasi PNS pada BKPSDM Pringsewu, Dani Samantha mewakili Kepala BKPSDM Pringsewu, M Dawam Rahardjo mengatakan pelaksanaan Tes SKD CPNSD Pemkab Pringsewu hari ketiga terbagi 5 sesi dengan jumlah 1000 peserta. 
“Alhamdulillah hari ketiga tes masih berjalan lancar yang tidak hadir 107 peserta. Untuk  yang hadir 893 peserta, ” Ungkap Dani, Selasa (4/2/20) sore. 

Untuk diketahui, Pelaksanaan tes SKD CPNSD kabupaten Pringsewu di SMK Yadika Pagelaran berlangsung selama 14 hari mulai Minggu (2/2/20) hingga Sabtu (15/2/20) mendatang. Sedangkan jumlah peserta CPNSD Pringsewu yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahap selanjutnya tes SKD dengan menggunakan CAT totalnya 13.332 pelamar. Sedangkan perekrutan CPNSD tahun 2019 Kabupaten Pringsewu mendapatkan kouta 327 formasi yang terdiri dari 173 formasi tenaga pendidikan, 117 formasi kesehatan serta 37 formasi tenaga teknis.(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here