DPRD Bakal Bentuk Pansus Pilkakon

1133

KOTAAGUNG—DPRD Kabupaten Tanggamus akan membentuk panitia khusus (Pansus) tentang pengawasan dan pelaksanaan menjelang Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) yang berlangsung serentak April mendatang.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga kepada Radar Tanggamus Pansus Pilkades tersebut dibentuk selain untuk membantu penyelesaian jika nantinya terjadi gugatan, juga mengawasi selama proses pelaksanaan pilkakon berlangsung.

Politisi PKB ini melanjutkan, pilkakon serentak itu akan diikuti 220 pekon, dan segala kebutuhan biayanya ditanggung oleh pemerintah. Sebagai lembaga pengawasan, dewan juga harus tahu penggunaan anggarannya.”Nah, Tim Pansus ini nantinya yang akan mengawasi dan
memantau selama pelaksanaan Pilkakon, termasuk penggunaan anggarannya,”ujar Irwandi.

Selain itu, Irwandi juga meminta agar pemerintah melibatkan dewan dalam persoalan apapun, terlebih mengenai adanya sengketa Pilkakon. Begitu juga dengan panitia Pilkakon harus netral.”Secepatnya tim Pansus kami buat, karena dasarnya sudah ada,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu Irwandi mengakui, jika setiap orang berkompetisi, siapapun dia sudah pasti tidak
ingin kalah dan pasti ingin unggul. Namun dirinya berharap semua tentu dengan fikiran dan niat baik untuk memajukan pekon dan mempercepat kehidupan pekon itu jauh lebih baik dengan diberikan kewenangan pengelolaan anggaran dan juga kebijakan.

“Kita harapkan Pilkakon menentukan masa depan pekon semuanya dan potretnya ada pada proses pelaksanaan Pilkakon ini. Jadi semua pihak pendukung dan juga masyarakat kita harapkan dewasa dalam berpolitik. Kemudian setiap kompetisi ada aturannya, koredornya, ada asasnya dan ada prinsip-prinsip hukumnya dan kita semua harus bijak menyikapi semua ini,” ujarnya. Untuk itu ia mengajak kepada semua masyarakat untuk bersama-sama mengawal pelaksanaannya agar bisa berjalan lancar dan sesuai dengan asas pemilu. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here