Bupati Tanggamus Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi

220

KOTAAGUNG—Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani,S.E,M.M dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Tanggamus Periode 2020-2023 oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia M. Syarif Bando, Senin (20/1) di Aula Islamic Center Kotaagung.

Selain mengukuhkan bupati sebagai Bunda Literasi dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pencanangan Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten Literasi. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii,S. Ag, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan,S. Sos, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung Ir. Ferynia, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Ketua TP PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gigih Rudyansyah, Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, Kepala Diskominfo Drs.Sabaruddin, bcamat,penggiat literasi dan pelajar.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas keterlibatan dan juga kerja yang sangat luar biasa dari seluruh pihak sehingga kegiatan pengukuhan Bunda Literasi dan Pencanangan Kabupaten Literasi dapat terlaksana. Dirinya juga berharap kegiatan pencanangan dan pengukuhan Bunda Literasi tidak hanya sekadar seremonial saja tetapi betul-betul menginspirasi dan memotivasi sesuai dengan visi misi Kabupaten Tanggamus .

“Dengan dikukuhkannya bunda literasi ini harapannya agar betul-betul terimplementasikan dengan baik serta memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat, seperti yang diketahui bersama gerakan literasi ini merupakan suatu hal yang dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, bahkan Kabupaten Tanggamus pun pernah berprestasi ditingkat nasional,” ujarnya.

Diakui bupati, bahwa kemajuan teknologi informasi seperti penggunaan Internet dan gadget juga dapat mempengaruhi minat baca buku. Sebab sekarang kebanyakan orang membaca berita atau artikel dari internet dan melalui e-book.”Membaca elektronik buku atau e-book dengan membaca buku langsung dari sumbernya seperti buku cetak tentu akan memberikan hasil yang berbeda.Untuk itu kita harus ubah mindset masyarakat dan kembali menumbuhkan minat untuk membaca buku dan kami akan berlari dalam mengejar cita cita itu,” ucap Bunda Dewi sapaan akrabnya.

Dilanjutkan bupati, demi menghidupkan kembali minat baca secara langsung dari buku, khususnya untuk anak-anak generasi penerus, pemkab akan mendorong anak-anak kedepan tidak hanya sebagai pembaca tetapi juga termotivasi sehingga lahir penulis-penulis yang memiliki ide-ide brilian sehingga menghasilkan karya yang bagus mulai dari sektor pembangunan, pertanian, pendidikan kesehatan.”Karena kemajuan apapun tidak akan optimal apabila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan handal. Dan untuk menciptakan SDM berkualitas salah satunya dengan minat baca masyarakat yang bagus, “kata bunda.

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando mengapresiasi atas pengukuhan Bunda Literasi dan Pencanangan Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten Literasi. “Kita beruntung bahwa ibu bupati berkenan menjadi role model didalam mendukung peningkatan literasi. Kami apresiasi komitmen ibu Bupati Tanggamus dan ibu Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal yang mendukung penuh agar provinsi Lampung menjadi provinsi literasi dibawah kepemimpinan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,”ujar Syarif.

Sementara, Kepala Dinas Perputstakaan dan Arsip Provinsi Lampung Ir. Ferynia dalam sambutannya mewakili Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal memberikan apresiasi kepada Kabupaten Tanggamus yang berinisiatif untuk melaksanakan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan pengangkatan Kabupaten Literasi.

“Ini kegiatan yang luar biasa ini karena belum semua kabupaten di provinsi Lampung dapat melaksanakan kegiatan pencanangan Kabupaten Literasi tahun 2020. Ini merupakan moment yang sangat strategis dalam mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca, hal ini dikarenakan dengan membaca dapat meningkatkan kreativitas kepercayaan diri membuka diri terhadap ide dan informasi serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat, “katanya (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here