Fraksi PKB Dukung Penuh Normalisasi Sungai

457
Ketua PKB Kabupaten Azuwansyah yang juga Anggota DPRD Provinsi lampung beserta Fraksi PKB DPRD Tanggamus mengunjungi korban banjir di Semaka. foto zepta

SEMAKA—Ketua DPC PKB Kabupaten Tanggamus yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung Azuwansyah bersama anggota Fraksi PKB DPRD Tanggamus meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Kecamatan Semaka, Sabtu (11/).

Pada kesempatan itu pria yang akrab disapa Khadin ini meminta pemerintah segera menambah alat berat untuk pengerukan dan normalisasi sungai yang mengalami pendangkalan, sehingga bila terjadi hujan dan banjir lagi air tidak meluap ke pemukiman warga.

” Alat berat perlu ditambah, karena banjir itu luapan air dari sungai yang sudah dangkal,”kata Azuwansyah yang didampingi sejumlah Anggota Fraksi PKB DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga, Zulqi Kurniawan, Nuzul Irsan, Mujibul Umam, Edi Yalismi, Helmi dan beberapa Pengurus DPC PKB Tanggamus seusai menyerahkan bantuan makanan.

Setelah itu rombongan langsung meninjau beberapa titik lokasi banjir dan sempat membantu sisa longsor dan lumpur. Kepada Radar Tanggamus Azuan mengaku fraksi PKB mendukung penuh dalam hal pembiayaan bila keperuntukannya untuk masyarakat. Pemerintah jangan ragu-ragu mengajukan tentang anggaran apabila dibutuhkan.

“Silahkan cari pihak ke 3 untuk normalisasi dan pengerukan sungai yang mencapai 2 Kilometer ini. Kita dari Fraksi PKB akan mendukung dalam penganggarannya,”sambung Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suraga.

Sehari sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus lainnya. Kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III Ipalah Haza serta anggota komisi lainnya seperti Joni Wahyudi, SE, Helman, SH. Zulki kurniawan, SE, Apriwasa, S.PT, Edi Yalismi, Nursalim Ahyono, SE dan Bunyamin beserta pendamping dan staf sekretariat dewan setempat memberikan bantuan makanan kepada korban yang dititipkan melalui relawan.

Pantauan wartawan, mereka tiba di lokasi bencana pada pukul 14.30 WIB dan langsung mengunjungi posko relawan di Kecamatan Semaka untuk menyerahkan bantuan logistik yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin serta Kadis Sosial Tanggamus Zulpadli.

Setelah selesai, rombongan melanjutkan peninjauan ke lokasi yang terdampak banjir bandang di Pekon Way Kerap dan Sedayu. Saat itu mereka sempat turun langsung membantu para relawan dan warga yang sedang membersihkan Musulla karena tertutup meterial banjir. Tidak hanya itu, dilokasi nampak juga terlihat beberapa relawan seperti FPI, Banser, Mahasiswa STMIK Tanggamus dan siswa siswi yang turut membantu membersihkan meterial setinggi satu meter baik di jalan maupun dirumah warga.

Kepada Radar Tanggamus Ipalah Haza mengatakan, kunjungan mereka ke lokasi bencana selain memberikan bantuan makanan kepada para korban juga untuk mencari dampak kerusakan dari bencana tersebut, sehingga akan langsung dicarikan solusi terkait penanganannya.”Kita memberikan perhatian penuh dalam upaya mengatasi permasalahan pasca bencana banjir dan longsor ini,” katanya.

Ipalah melanjutkan, dilokasi bencana mereka juga sempat berbincang dengan Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis terkait adanya tanggul sungai yang jebol dan kerugian yang dialami masyarakat akibat bencana tersebut. Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan pemerintah adalah menormalisasi sungai dan tanggul Sedayu yang jebol, kemudian memberikan perhatian penuh kepada para korban terutama di Kesehatan.

“Alhamdullah Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang sebelumnya sempat lumpuh karena tertutup meterial longsor sekarang bisa dilalui. Nah, sekarang pemerintah tinggal normalisasi tanggul yang jebol dan persedian obat-obatan yang cukup,”jelasnya.

Sementara itu Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis mengatakan, selain dari pemerintah bantuan makanan dari pihak donatur terus berdatangan. Kemudian Jalinbar yang sempat putus akibat tertutup meterial longsor dan banjir sekarang sudah bisa dilalui. Puluhan Alat berat yang diturunkan ke lokasi masih terus menyingkirkan sisa-sisa meterial.

Sekda menjelaskan, akibat banjir dan longsor itu ada tanggul sungai yang jebol sehingga akan langsung di normalisasikan. Begitu juga kerugian yang dialami para korban masih dihitung. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here