Bupati Pimpin Apel Siaga Bencana

292

KOTAAGUNG–Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani memimpin Apel siaga bencana tahun 2020, Senin pagi (13/1) dilapangan pemkab setempat. Apel sendiri untuk menyikapi banjir bandang yang melanda Kecamatan Semaka Kamis lalu sekaligus sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana mengingat intensitas hujan masih tinggi.

Hadir dalam apel, Wabup Hi AM Syafii, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo,Sekda Tanggamus Hamid H Lubis, Kepala Pos Basarnas Tanggamus Deny Iryansyah Mezu, Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M Thoha, Kepala OPD, peserta upacara unsur TNI/Polri, ASN, PMI, Pramuka dan para relawan.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani dalam amanatnya menyampaikan bahwa penyelenggaraan apel siaga menandakan kesiapsiagaan semua termasuk seluruh relawan dan juga berbagai instansi terkait dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana akibat adanya cuaca ekstrem berupa curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani didampingi Wabup dan Forkopimda mengecek armada dan peralatan pertolongan pertama saat terjadi bencana,Senin (13/1) di Lapangan Pemkab Tanggamus. Foto Rio

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak yang telah sigap merespon terjadinya bencana di Semaka.

“Kejadian bencana yang ada sejauh ini dapat tertangani dengan baik atas peran serta para relawan, berbagai instansi terkait, masyarakat dan juga berbagai pihak lainnya,”ujar Bunda Dewi.

Bupati juga mengimbau agar semua pihak tetap waspada semua terhadap potensi bencana yang timbul dari dampak musim penghujan saat ini khususnya di cuaca antisipasi masalah banjir, kemungkinan tanah longsor didaerah bukit atau lereng, pohon tumbang, angin kencang serta penyebaran penyakit yang sering muncul pada musim Penghujan.

“Untuk itu diperlukan pula upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan, terlebih pada masyarakat yang bermukim di daerah-daerah yang rawan banjir dan tanah longsor melalui sosialisasi maupun imbauan dalam penjagaan kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan masyarakat, “pungkas bupati.

Usai menyampaikan amanatnya bupati mengecek pasukan dan kendaraan operasional siaga bencana, kemudian bupati melepas Satgas Penanggulangan bencana yang akan menuju Posko di Kecamatan Semaka. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here