Banjir Surut, Warga di Semaka Bersihkan Lumpur Sisa Material Banjir

529

SEMAKA – Banjir Bandang disertai Tanah Longsor yang melanda tiga pekon di Kecamatan Semaka sudah surut, Jumat (10/1) Pagi. Warga pun mulai membersihkan rumahnya dari sisa material banjir.

Berdasarkan pantauan Radar Tanggamus, Jumat (10/1) Pagi, warga di tiga pekon yang terdampak banjir bandang disertai tanah longsor yakni Pekon Waykerap, Pardawaras dan Sedayu mulai membersih rumahnya dari sisa material banjir.

Pembersihan lumpur pasca banjir bandang dilakukan secara manual menggunakan cangkul dan serokan. Namun untuk membersihkan air yang masih menggenangi beberapa rumah warga di Pekon Way Kerapa ada yang dilakukan secara manual menggunakan ember, namun ada juga yang menggunakan mesin sedot air.

Dua alat berat berupa eksvator mini juga tampak dikerahkan untuk membersihkan sisa material banjir yang mengendap di saluran drainase disisi Jalan Lintas Barat Pekon Pardawaras.

Sebagian besar jalan lintas barat dari Pekon Pardawaras hingga Sedayu juga masih terlihat tertutupi material longsor berupa batu bercampur lumpur. Akibatnya, kendaraan roda empat belum bisa melintas. Namun banyak juga pengendara roda dua yang nekat melintasi jalan berlumpur, meskipun kendaraan sering kepater.

Diketahui, banjir bandang dan tanah longsor melanda tiga pekon di Kecamatan Semaka, Kamis (9/1).

Tiga pekon yang terdampak bencana itu yakni Pekon Sedayu, Way Kerap dan Pardawaras.

Bencana alam tersebut terjadi akibat tingginya intesitas hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Semaka sejak Kamis (9/1) Sore.

“Banjir bandang mulai terjadi pada Kamis Malam sekitar Pukul 19.30 Wib dan mulai surut pada Pukul 23.40 Wib,” kata Rio, salah seorang warga Pekon Waykerap.

Hingga kini petugas masih mendata korban terdampak banjir dan belum ada laporan korban jiwa. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here