Semaka Dilanda Banjir Bandang dan Tanah Longsor

4439


SEMAKA – Banjir bandang dan tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Kamis (9/1).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sedikitnya ada tiga pekon di Kecamatan Semaka yang dilanda banjir dan tanah longsor yakni Pekon Sedayu, Way Kerap dan Pardawaras.

Di Pekon Sedayu, banjir disertai tanah longsor menggenangi badan jalan serta rumah warga. Banjir tersebut terjadi sekitar Pukul 17.30 Wib dan surut pada Pukul 18.30 Wib serta mengakibatkan lalulintas di Jalan Lintas Barat Sedayu lumpuh.

Kemudian di Pekon Waykerap terjadi banjir bandang akibat luapan sungai Way Kerap. Terparah terjadi di Pedukuhan Bandingagung. Karena tanggul sungai di Pedukuhan tersebut jebol dan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Lalu banjir juga menggenangi pemukiman warga Pekon Pardawaras akibat meluapnya dua anak sungai Way Kerap yakni sungai Way Datuk dan Way Binjai.

Sekretaris Kecamatan Semaka Zailani mengatakan, musibah banjir dan tanah longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Semaka sejak Kamis (9/1) Sore sekitar Pukul 15:00 Wib hingga malam.

“Iya, banjirnya sebelum magrib tadi, informais yang kami terima ada tiga pekon yang terdampak yakni Sedayu, Waykerap dan Pardawaras,” katanya.

Namun, lanjut dia, banjir terparah terjadi di Pekon Waykerap. Sebab, tanggul sungai di Pedukuhan Bandingagung Pekon Way Kerap jebol akibat diterjang banjir.

” Kami masih di lokasi. Dan belum bisa menjangkau ke daerah sana (Pedukuhan Bandingagung, red) karena air masih tinggi,” ujar Zailani.

Warga yang tinggal di Pedukuhan Bandingagung juga saat ini masih terisolasi dan belum bisa mengungsi, sebab air masih tinggi.

” Kami belum bisa memperkirakan berapa rumah yang terendam atau rusak, namun belum ada laporan korban jiwa akibat banjir bandang ini,” ungkapnya.

Zailani juga mengaku bahwa lintas sektoral seperti Basarnas, Kodim, Polres, Koramil juga sudah turun ke lokasi untuk membantu warga.”Kita juga tadi sudah menghubungi Pak Sekda, Pak Sekda berjanji akan membantu warga semampunya dan bakal mengerahkan alat berat untuk menangani banjir,” ucapnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here