Pemuda Pringsewu Sandang Gelar Doktor

342

PRINGSEWU – Ryzal Perdana menyelesaikan studinya S3 di Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) di usia yang terhitung sangat muda yaitu 27 Tahun. Ryzal Perdana mengikuti Ujian Terbuka Promosi Doktor, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan pada Rabu, (8/1). 

Dalam ujian tersebut, Ryzal dinyatakan lulus dengan hasil memuaskan, dan tercatat sebagai doktor termuda asal Lampung (27 Tahun). Ryzal dinyatakan lulus dalam ujian terbuka Promosi Doktor dari Program Pascasarjana FKIP UNS, yang berlangsung di Ruang Sidang II Pascasarjana UNS. Dengan disertasi yang berjudul ‘Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) untuk Memberdayakan Critical and Creative Thingking (CCT) Skills.

Ryzal adalah mahasiswa beasiswa penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan pada tahun 2015,  dilanjutkan S3 dengan masa studi 3 tahun 3 bulan (2016-2020) serta raihan IPK Cumlaude dengan luaran penelitian 7 jurnal beriputasi  terindeks scopus dan 1 buah buku hasil risetnya.

Wakil Bupati Pringsewu Lampung, Dr. Hi. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA memberikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya ujian promosi doktor, ucapan tersebut dikirim melalui karangan papan bunga.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada saudara Ryzal Perdana atas promosi doktor nya yang berjalan dengan baik dan lancar, semoga ilmu yang telah dipelajari dapat diaplikasikan dalam membangun Bumi Lampung tercinta, khususnya Kabupaten Pringsewu lewat jalur pendidikan”, ucapnya.

Ketua STIT Tanggamus Lampung, Muhammad Idris, M.Pd.I juga memberikan ucapan selamat dengan papan bunga. “Saya berharap kepada Dr. Ryzal Perdana setelah menyelesaikan pendidikan doktornya, dapat membantu dalam pembangunan Indonesia khususnya kembali ke daerah asalnya sendiri yakni Provinsi Lampung, melalui bidang pendidikan”, ucap pria yang sedang studi S3 di UIN Raden Intan Lampung ini.

Ryzal Perdana, Putra Daerah Asal Lampung, Mampu Selesaikan Pendidikan Doktor pada Usia 27 Tahun
Ryzal mampu mempertahankan Disertasinya pada Promosi doktor 8 Januari 2020 di Hadapan dewan penguji dan 100 tamu undangan yang hadir. Ujian promosi berlangsung di Ruang Sidang II Pascasarjana UNS.

Dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan, Ryzal mengangkat tema tentang pengembangan model pembelajaran inquiry social complexity (ISC) untuk memberdayakan critical and creative (CCT) skills, Dr. Ryzal mengatakan bahwasannya perkembangan koginitif seorang anak harusnya selaras dengan perkembangan social nya, sehingga pada era revolusi industri 4.0 ini bangsa indonesia tidak akan kalah bersaing dalam pasar global khususnya pada bidang sumber daya manusia (SDM). Hal ini dikarenakan sebelum membangun sarana dan prasarana baik dalam penyusunan teknologi tepat guna ataupun yang lainnya, pembangunan dasar yang paling penting adalah SDM.

Pada akhirnya jika seorang berpikir secara selaras antara kemampuan kognitif dan socialnya maka akan terciptanya SDM unggul bangsa indonesia yang akan menuju masa indonesia emas pada 2045, “harapnya”. 

Ryzal adalah Doktor ke 46 yang diluluskan Program studi ilmu pendidikan UNS surakarta, dengan masa studi yang bisa dikatakan lebih cepat dari standar program doktoral. Kini ia masuk dalam salah satu tokoh doktor muda asal Lampung yang mencoba membangun bangsa dan negara melalui pendidikan.

“Minimal saya telah bisa membangun diri saya sendiri dulu sebelum membangun orang lain” ucap pria yang lahir 27 tahun silam, saat ditemui usai acara.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa akan ada pemuda pemuda diluar sana yang semangat dan terus berkarya demi kemajuan bangsa dan negara khususnya tanah kelahirannya sendiri. Dr. Ryzal berencana akan pulang ketanah kelahirannya guna mengabdi pada bangsa dan negara setelah menyelesaikan semua urusan terkait pendidikannya di kota kenangan Surakarta, ucap pria kelahiran 9 November 1992 tersebut.(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here