BPPD Tanggamus Bentuk Unsur Pelaksana Promosi Pariwisata

904

KOTAAGUNG—Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Tanggamus membentuk Unsur Pelaksana Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Tanggamus. Pengukuhan unsur pelaksana tersebut berbarengan dengan Pelatihan Pramuwisata yang digelar di Taman Wisata Muara Indah, Kotaagung belum lama ini.

Berdasarkan Keputusan Ketua BPPD Nomor : 01/I/100/BPPD-TGM/XII/2019 TANGGAL 25 Desember 2019 unsur pelaksana terdiri dari Direktur Eksekutif yang dijabat Hendra Fery, S.E.,M.M., Sekretaris Siti Januarni Bakti Utami, A.Md, Bendahara Sami, anggota Wagito,S.Pd dan Eprionsyah, S.Kom.

Ketua BPPD Tanggamus Ir.Hi. Hajin.M.Umar mengatakan, setelah terbentuk dan dilantiknya Badan Promosi Pariwisata di Kabupaten Tanggamus bulan Oktober 2018 yang lalu berdasarkan Rapat Koordinasi Unsur Penentu Kebijakan BPPD Tanggamus serta berdasarkan undang-undang dan Peraturan Bupati nomor 49 tahun 2018 dibentuklah Unsur Pelaksana Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Tanggamus yang dipandag memenuhi syarat sebagai pelaksana teknis didalam menjalankan operasional BPPD Kabupaten Tanggamus.

“Setelah memutuskan nama-nama tersebut untuk menjadi unsur pelaksana didalam BPPD Kabupaten Tanggamus, harapannya agar ada sinergi antar stakeholder dibawah koordinasi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus untuk mengimplementasikan program kepariwisataan di Tanggamus,” ujar Hajin yang juga Anggota DPRD Tanggamus itu.

Dilanjutkan Hajin bahwa dalam kesempatan tersebut BPPD Kabupaten Tanggamus juga mengadakan pelatihan pramuwisata untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kepariwisataan yang dalam hal ini pramuwisata sebagai ujung tombak dalam mempromosikan pariwisata.

“Dengan harapan peningkatan kapasitas SDM tersebut dapat meng-upgrade dan meng-update situasi kekinian di era millennia.Bekerjasama Disparbudpora Kabupaten Tanggamus, BPPD Tanggamus dan DPC HPI Tanggamus serta didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dan DPD HPI Lampung, mudah-mudahan akan menghasilkan pramuwisata yang handal,” ucapnya.

Sementara, Kepala Disbudparpora Tanggamus Hj.Retno Noviana Damayanti menyambut baik dibentuknya unsur pelaksana BPPD. Menurut dia, pembentukan BPPD di Kabupaten Tanggamus bertujuan membantu pemerintah dalam upaya promosi dan mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten kita ini.

“BPPD juga menjadi ujung tombak dalam memajukan pariwisata, terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanggamus yang begitu banyak kekayaan alami sebagai sumber daya alam yang bisa dinikmati para wisman dan wisnus,” ujarnya.

Dilanjutkan Retno bahwa, pariwisata sudah menjadi sektor prioritas Pemkab. Tanggamus. Hal itu tidak lepas dari sumbangsih pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, sektor pariwisata kini menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup membanggakan beberapa tahun ini.

“Kami meminta tim BPPD Kabupaten Tanggamus solid dan fokus bekerja membantu pemerintah dalam hal promosi pariwisata daerah. Saya melihat personil BPPD dan unsur pelaksana BPPD Kabupaten Tanggamus sudah tepat karena diisi personil yang mempunyai kompetensi dibidangnya. Silakan langsung kerja dan niatkan untuk ibadah,”pesan Retno.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here