Waspada DBD di Musim Hujan

74

PRINGSEWU – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Pringsewu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
Sebab, saat ini sudah memasuki masa pancaroba peralihan dari musim kemarau ke penghujan.

Kepala Dinkes Pringsewu, Purhadi mengatakan memasuki masa musim penghujan untuk mengantisipasi penyakit DBD dengan melibatkan seluruh masyarakat bergotong royong membersihkan masing-masing lingkungan bersih disekitar tempat tinggal.

“Antisipasi DBD masyarakat harus membersih selokan yang kotor secara bergotong royong disetiap Pekon. Kegiatan Jum’at bersih itu harus diaktifkan, agar lingkungan bersih dan terhindar dari penyakit DBD,”ucapnya kepada Radar Tanggamus, Rabu (18/12).

Menurut Purhadi, bahwa penyakit DBD bisa dicegah melalui gerakan mengurangi atau memberantas sarang nyamuk. Seperti Menguras, Menutup dan Mengubur (3M) sarang nyamuk.

“Selain itu juga masyarakat harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Bahkan saat tidur diupayakan memakai kelambu agar terhindar dari gigit nyamuk, ” Jelasnya.

Dijelaskan Purhadi, bahwa pihak akan menambah 7 unit alat fogging rencana di tahun 2020 mendatang.

“Penambahan 7 alat fogging di tahun 2020 rencana akan kita bagikan di puskesmas yang jumlah penduduk paling banyak. Sehingga, kalau misalnya ada alat di puskesmas yang rusak kita sudah siap masih ada cadangan nya, ” pungkasnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here