Buaya Muara Kembali Serang Warga di Tanggamus

1886
Camat Pematangsawa Agus Somad saat menjenguk Husnudon, korban gigitan buaya di Muara Sungai Masin Pekon Kampungbaru.

PEMATANGSAWA – Buaya muara kembali menyerang warga di Kabupaten Tanggamus. Kali ini korbanya adalah Husnudon, warga Pekon Kampungbaru Kecamatan Pematangsawa.

Peristiwa naas itu, terjadi pada Rabu (11/12) Pagi sekitar Pukul 04.00 Wib, bermula ketika Husnudon bersama Bakarudin (orang tuanya) sedang mencari udang untuk umpan pancing di Muara Sungai Masin, Pekon Kampungbaru.

Saat sedang mencari umpan, tiba-tiba bagian paha Husnudon digigit buaya. Seketika pria berusia 27 tahun itu langsung menjerit meminta tolong. Beruntung gigitan buaya ganas itu bisa lepas.

Akibat peristiwa naas itu, Husnudon mengalami luka bekas gigitan buaya pada paha bagian kanan dan langsung dilarikan ke petugas kesehatan di pekon setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

“Sebelumnya mereka (Husnudon dan orang tuanya) mau mancing ke laut. Karena tidak bawa umpan, mereka cari udang dulu di muara sungai Way Masin di Pekon Kampungbaru. Saat cari udang, tiba-tiba bagian paha Husnudon digigit buaya. Dia (Husnudon) langsung teriak minta tolong, alhamdulilah gigitan buayanya bisa lepas,” kata Sekretaris Pekon Kampungbaru Jarnoto yang juga merupakan tetangga Husnudon.

Sementara itu, Camat Pematangsawa Agus Somad, S. IP, MM., membenarkan peristiwa tersebut. “Iya, benar. Tapi lokasi kejadianya di muara Sungai Masin Pekon Kampungbaru, bukan di muara sungai Way Semaka. Karena jarak dari muara sungai Way Semaka dengan Muara Sungai Masin cukup jauh,” terangnya.

Agus Somad mengimbau kepada masyarakat agar sementara tidak melakukan aktivitas di sungai untuk menghindari serangan buaya. Ia juga mengaku, akan berkoordinasi dengan BKSDA untuk mengatasi persoalan buaya tersebut.

” Ya saya minta untuk sementara warga jangan beraktivitas di muara sungai, termasuk di sungai Masin Pekon Kampungbaru untuk menghindari kembali terjadinya serangan buaya. Dan saya selaku camat akan berkoordinasi dengan BKSDA dan aparat terkait, agar buaya muara tersebut dapat ditangkap dan dikembalikan ke habitatnya, ” ujar Agus Somad.

Diketahui, sebelumnya serangan buaya muara juga melukai dua orang warga yang sedang mencuci di Sungai Way Semaka.

Korbanya adalah Kevin Wardana (9) warga Pekon Sudimoro Bangun Kecamatan Semaka dan Muhajir (62) Warga Pekon Banjarsari Kecamatan Wonosobo.

Peristiwa tersebut terjadi di dua lokasi berbeda namun di hari yang sama yakni Kamis (19/11). Pertama pada pukul 07.00 Wib, saat Kevin Wardana menemani ibunya mencuci di Sungai Way Semaka.

Saat mandi di Sungai, tiba-tiba Kaki Kevin digigit buaya. Mendapat serangan, Kevin menjerit, spontan ibunya juga menjerit ketakutan. Beruntung Kevin masih selamat dan hanya kakinya saja yang di Gigit, Kevin pun langsung dibawa Ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan.

Kemudian siangnya, korban kedua yakni Muhajir (62) Warga pekon Banjarsari Kecamatan Wonosobo. Adapun kronologisnya saat Muhajir mencuci pakaian Pukul 12.30 Wib di aliran Way Semaka, tiba-tiba paha sebelah kirinya disambar buaya. Atas serangan buaya tersebut Muhajir mendapat enam jahitan. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here