Pelaku UMKM dan Penyuluh Curhat ke Bupati

446
Serap Aspirasi: Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat menyampaikan arahannya dihadapan penyuluh, selain para penyuluh Bupati juga menampung aspirasi dari para pelaku UMKM,di Kecamatan Gisting. Hanibal Batman

GISTING–Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani serap aspirasi serta keinginan dari para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta penyuluh pertanian di Kecamatan Gisting. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program Bunda Dewi Serap Aspirasi (Bude Sar’i).

Bupati dalam arahannya, menyampaikan bahwa melalui program BUDE SAR’I, tersebut, ia beserta jajarannya dapat bertemu langsung dengan masyarakat, sebaliknya masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan aspirasi, keinginan maupun keluhan secara langsung sehingga apa yang menjadi sampaian masyarakat tersebut dapat dicarikan solusi.

“Jadi kepada ibu, dan bapak yang hadir disini dapat menyampaikan aspirasi atau keluhan kepada saya secara langsung serta jajaran untuk kemudian apa yang disampaikan tersebut kita carikan solusinya, baik itu kaitannya dengan pelayanan, pendidikan, Kesehatan, infrastruktur dan lainnya, termasuk juga apa yang menjadi keinginan dari pelaku UMKM dan penyuluh akan kita carikan solusinya,” tuturnya.

Hermono salah satu pelaku UMKM menyampaikan harapannya kepada Bupati Tanggamus, bahwa keinginan dirinya mewakili keinginan dari para pelaku UMKM di Kabupaten Tanggamus ialah tersedianya pemasar untuk menjajakan produk UMKM tersebut hingga keluar daerah, karena menurutnya kelemahan dari produk Tanggamus ialah di pemasar, sementara untuk produksi ia menilai sudah bagus.

“Jadi saya berharap, kita bukan mencari peluang lagi sebenarnya, tetapi menciptakan peluang, nah untuk itu tadi saya usulkan ada dua untuk berkembangnya produk UMKM yakni tampilan dari kemasan lalu kemudian pemasar, atau salesman kalau di Provinsi lain sudah miliki starategi itu, dan saya lihat produk kita juga tidak kalah dengan daerah lain, ini peluang untuk kita,”kata Hermono.

Sementara itu, terkait dengan usulan dari Penyuluh agar supaya Pemkab Tanggamus dapat memperhatikan kesejahteraan bagi tenaga penyuluh, Bupati menyampaikan hal ini tentunya akan menjadi pemikirannya.

“Mudah-mudahan dengan kita perhatikan kesejahteraan tenaga penyuluh ini nantinya, kedepan kinerja dari para penyuluh ini juga akan semakin baik lagi kedepannya,”tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Administrasi Jhonsen Vannisa, Staf Ahli Firman Ranie, Kepala Inspektorat Inspektur Ernalia, Kepala Diskoperindag Dan UMKM Mairosa, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, Kabag Ekobang Firmalinda, camat, Kabid Bina Marga, serta Kabid Cipta Karya Dinas PUPR. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here