Unila Puji Pelayanan Lapas Kotaagung

189

KOTAAGUNG–Sebanyak 120 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kotaagung, Rabu (20/11).

Kunjungan mahasiswa semester VII yang didampingi sejumlah Dosen tersebut dalam rangka praktek kerja lapangan (PKL). Rombongan mahasiswa Unila berikut dosen pembimbing disambut langsung Kepala Lapas Kelas II B Kotaagung Sohibur Rachman beserta jajaran.

Rombongan yang tiba pada pukul 11:15 WIB dengan mengendarai tiga bus ini langsung dibagi dalam empat kelompok. Setelah dilakukan pembagian kelompok, ratusan mahasiswa langsung melakukan tinjauan keseluruh kompleks lapas, mulai dari dapur tempat memasak, blok kamar warga binaan, poliklinik, tempat area publik bagi warga binaan, lapangan olahraga dan masjid.

Kepala Lapas Sohibur Rachman mengatakan, dengan adanya kunjungan mahasiswa ini akan semakin membuka image bahwa lapas bukanlah tempat yang menyeramkan seperti yang selama ini dipikirkan.

“Dan saya sangat mengapresiasi kedatangan para mahasiswa ini ke lapas kita. Dengan demikian, mereka bisa tahu bahwa kondisi lapas itu tidaklah menyeramkan seperti yang saat ini dipikirkan oleh masyarakat, disini konsep pelayannya yakni memanusiakan manusia, kami jamin hak-hak warga binaan terpenuhi, “kata Rachman sapaan akrab kalapas.

Dosen Hukum Pidana, Fakultas Hukum Unila Diah Gustiniati didampingi oleh Dr. Nikmah Rosida selaku pembimbing PKL rombongan mahasiswa Unila menjelaskan, kedatangan ke Lapas sebagai kunjungan praktek untuk melihat apakah teori ilmu Kemasyarakatan yang dipelajari sesuai dengan kondisi lapangan.

“Mahasiswa yang berkunjung ini dari Prodi Hukum Pidana semester VII. Nantinya hasil kunjungan ini dituangkan dalam tulisan sebagai tugas mahasiswa dan bisa juga dijadikan bahan skripsi jika mereka tertarik untuk melakukan penelitian di lapas, “ujar Diah.

Diah selaku akademisi juga memuji Lapas Kotaagung yang sudah banyak pembenahan, kondisi juga dinilainya kondusif.

” Kami sangat mengapresiasi sekali Lapas Kota Agung ini ternyata kondisinya sangat kondusif, nyaman, dan memang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dimana bisa dilihat para warga binaan mendapatkan hak nya dengan baik. Dan ini merupakan contoh yang baik bagi Lapas yang ada di Lampung,” ujar Diah.

Sementara, Ketua Pelaksana Kunjungan, Alkaidi Utomo Putra menilai bahwa Lapas Kelas II B Kotaagung sudah sangat baik dalam hal pembinaan terhadap warga binaan. Selain itu fasilitas juga cukup memadai seperti sarana olahraga hingga penyajian makan.

“Apa yang dijabarkan dalam teori Pemasyarakatan di kampus pada prakteknya sama. Berdasarkan pemantauan hak hak warga binaan sudah terpenuhi disini, blok kamar warga binaan juga bersih dan rapih, “katanya.

Dalam kesempatan tersebut rombongan mahasiswa juga memberikan bantuan berupa beras, minyak goreng, minuman.” Ini bantuan untuk warga binaan ala kadarnya dari kami, “ujar Alkaidi.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here