Peringati Hari Pahlawan, Bupati Berharap Generasi Muda Harumkan Nama Bangsa

112

KOTAAGUNG–Pemkab Tanggamus melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Upacara yang di Lapangan Merdeka Kotaagung, Senin (11/10) tersebut dipimpin Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani.

Bertindak selaku komandan upacara Kapten Inf Julian Abri dan Perwira Upacara Kapten Inf Sanusi. Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto , Dandim 0424 Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Kepala BNN Provinsi Lampung Brigjen Pol Ery Nursatari, Sekda Tanggamus Hamid H Lubis, Kepala BNN Kabupaten Tanggamus Kolbidi, Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati dan Ketua DWP Ny Nuraini Lubis.

Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menyampaikan bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan masyarakat kembali diingatkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di
Surabaya sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di
Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan
dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan
pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan didalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia, “ujar bupati.

Bupati melanjutkan dengan peringatan hari pahlawan diharapkan dapat menghargai jasa dan pengorbanan
para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers yaknk Bung Karno yang
menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”

“Selain itu peringatan Hari
Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,
sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan0oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya, “kata Dewi.

Kemudian secara pribadi bupati menilai bahwa peringatan hari Pahlawan menjadi momen untuk membersihkan diri, mengevaluasi perjuangan apa yang sudah dilakukan untuk meneruskan perjuangan dari pada para pahlawan terdahulu.

” Karna yang lebih sulit itu justru adalah mempertahankan dan melanjutkan perjuangan dari pada pahlawan kita. Dan seperti kita kehaui hari ini , perjuangannya lebih kompleks yang kita alami pada saat ini sebab penjajahnya sudah bermetamorfosis menjadi penjajah-penjajah yang sangat komleks sekali dan sifatnya masif.
” Kalau dulu serangannya lansung, kalau sekarang serangan sekarang, tapi dampaknya bisa berpuluh tahun kedepan yang mungkin akan dkalami generasi kita, “ujar bupati.

Generasi muda, lanjut bupati tetap masih bisa berjuang untuk mengisi kemerdekaan yakni dengan cara
menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

“Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.
Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, “pungkas bupati.

Usai upacara bupati dan rombongan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia Kotaagung Timur dan beramah tamah dengan para veteran perang yang berasal dari Tanggamus. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here