Festival Kopi Lampung, Tanggamus Sabet Dua Juara

358

BANDARLAMPUNG–Kabupaten Tanggamus menyabet dua juara sekaligus dalam Festival Kopi Lampung 2019 yang dilaksanakan sejak tanggal 6-9 November di Elephant Park, Bandar Lampung. Hal itu diketahui pada Penutupan Festival Kopi Lampung 2019, Sabtu (9/11) sore.

Kedua prestasi tersebut, yakni Juara II Apresiasi Petani Kopi Terbaik dan Juara III Lomba Cerdas Cermat Petani Kopi.

Gubernur Arinal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kesuksesan penyelenggaraan Festival Kopi Lampung 2019.

Gubernur juga menyatakan bahwa Festival Kopi Lampung 2019 dinilai sukses. Bukan hanya dinilai dari jumlah pengunjung yang mencapai 30 ribu orang, dan berhasil membagi 20 ribu cup kopi Robusta, tetapi dengan catatan nilai transaksi selama acara yang menembus jumlah Rp 10 miliar.

“Festival Kopi Robusta Lampung 2019, merupakan ajang untuk memperkenalkan Kopi Lampung, khususnya Kopi Fine Robusta.Saya berharap melalui Festival Kopi Lampung 2019 ini dapat meningkatkan nilai jual, daya saing dan branding Kopi Lampung untuk lebih mendunia, serta menumbuhkan berbagai inovasi baru dari pelaku usaha kopi,” ujar Arinal.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Lampung itu menambahkan kegiatan yang dilaksanakan pada Festival Kopi Lampung 2019 bertujuan untuk menunjang produktivitas perkebunan kopi, meningkatkan kemampuan pengolahan industri kecil menengah kopi bubuk Lampung, meningkatkan wawasan, ajang kompetisi, dan promosi berbagai produk kopi Lampung.

“Melalui kegiatan ini juga, yang ingin dicapai tentu adanya peningkatan kesejahteraan petani kopi Lampung melalui penguasaan teknologi budidaya kopi yang baru, sehingga para petani akan lebih diuntungkan selain mutu, hasil produksinya meningkat, “kata gubernur.

Gubernur juga mengajak, pemerintah kabupaten/kota untuk membuat kedai kopi di berbagai daerah agar menjadi kearifan lokal Lampung.

“Saya ingin mengajak bupati/walikota agar diwilayahnya ada kedai, bisa kopi, pisang apapun makanan daerah sehingga ini menjadi suatu kebanggaan,” ucapnya.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal juga turut mengajak kaum wanita untuk gemar minum kopi.

“Minum kopi, jika dilakukan dengan cara yang benar, maka akan memberikan manfaat yang menyehatkan bagi kesehatan,” kata Riana.

Selain itu dalam festival ini dilakukan juga pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni Minum Kopi Fine Robusta oleh 3.000 Wanita. Sertifikat Rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Hadir dari Kabupaten Tanggamus dalam penutupan Festival, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati beserta jajaran, Ketua Dekranasda Ny. Nur’aini Lubis, Kadis Pariwisata Retno Noviana, Sekretaris Dinas Kominfo Derius Putrawan, dan Kepala Bidang Perindustrian M. Gunawan.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here