Ratusan Siswa SMPN 1 Kotaagung Belajar Diluar Kelas, Ada Apa?

187
Ratusan siswa SMPN 1 Kotaagung melakukan aktivitas belajar diluar Kelas, Kamis (7/11). Foto Hanibal Batman

KOTAAGUNG–Ada yang berbeda dari aktivitas belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kotaagung pada Kamis pagi (7/11). Ya,pada pagi itu ratusan siswa belajar diruang kelas.

Kegiatan belajar dikelas ini bukan lantaran ruangan kelas rusak atau sedang direnovasi tapi memang sengaja dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas anak.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (PP, PA, Dalduk-KB) Edison mengatakan, kegiatan belajar sehari di luar kelas ini merupakan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bertujuan untuk menumbuhkan komunikasi psikologis antara siswa dengan orang tua, siswa dengan guru dan sesama siswa itu sendiri.

“Karena didalam kegiatan ini, ada yang sangat menarik yakni peran orang tua dalam menyiapkan sarapan pagi untuk anak-anaknya, kita tahu selama ini kesannya dibiarkan saja, lalu terjalin komunikasi yang baik antara siswa dan guru, selain itu didalam kegiatan ini juga kita mencoba mengangkat permainan tradisional yang selama ini juga mulai tergerus,”kata Edison.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus, Aswien Dasmi berharap melalui kegiatan belajar sehari di luar kelas ini akan lebih memotivasi siswa dalam belajar, tidak hanya itu kegiatan ini juga dapat mengusir rasa penat serta jenuh dikarenakan siswa selama ini belajar didalam ruang kelas.

“Kita mencoba metode baru agar anak didik kita, dalam proses pembelajaran tidak mengalami kejenuhan, kedepan kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali, tentunya bekerjasama dengan Dinas PP, PA, Kabupaten Tanggamus,” ujarnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here