Bupati Ingin Sekolah Dari Tanggamus Maju Ke Nasional

233

TALANGPADANG-Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Provinsi Lampung menyambangi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Talangpadang, Selasa (15/10).

Disela-sela seremonial juga dilakukan cuci tangan pakai sabun oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati Wabup Hi. A. M Syafii, jajaran Forkopimda, tim penilai Provinsi dan jajaran kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Karo Kesra Setdaprov Lampung Ratna Dewi ke SMAN 1 Talangpadang disambut Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Wabup Hi. AM. Syafii, Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati dan Kepala SMAN 1 Talangpadang Sudirman. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, Dandim 0424 Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Ketua DWP Nuraini Lubis, Plt Kepala Diskes Taufik Hidayat, Kepala Disdik Aswien Dasmi dan jajaran kepala OPD lain.

Ratna Dewi mengatakan tema LSS-UKS/M tahun 2019 mengambil tema “Dengan LSS-UKS/M Kita Ciptakan Suasana Sekolah Sehat, Nyaman dan Berkarakter” sebagai upaya penting dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi sejauh mana apa yang telah dilakukan sekolah khususnya didalam program usaha kesehatan sekolah/madrasah sehingga dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan dampak positif bagi anak didik dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya manusia seutuhnya.

“Anak didik sebagai bagian dari kelompok masyarakat sekolah merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan memiliki makna strategis bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa yaitu anak sehat dan berkualitas, “ujar Ratna Dewi.

Dilanjutkan Ratna Dewi bahwa asa beberapa sasaran usaha kesehatan sekolah/madrasah yang menjadi target program kedepan antara lain peningkatan UKS mulai dari standar menjadi optimal dan Paripurna.

” Peningkatan sumber daya manusia baik peserta didik, orang tua murid, guru dan seluruh warga sekolah serta warga sekitar sekolah diharapkan seluruh anak didik siswa memperoleh jaminan kesehatan yang bekerjasama dengan pelayanan kesehatan terdekat, “ujarnya.

Diakui Ratna, bahwa Tanggamus menjadi kabupaten/kota kedelapan yang disambangi tim penilai.” Ada beberapa indikator yang dinilai seperti di ruang UKS, Perpustakaan harus ada wastafel, letak kantin yang harus jauh dari tempat pembuangan sampah. Apa yang dinilai hari ini akan kami rapatkan dulu, barulah nanti ditentukan, jadi doakan saja yang terbaik, “ujarnya.

Sementara Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengatakan bahwa untuk tahun ini ada empat sekolah yang mewakili Tanggamus dalan LSS-UKS/M yakni untuk jenjang TK diwakili TK Islam Terpadu Kotaagung, SD diwakili SDN 3 Datarajan, SMP diwakili SMPN 1 Pulaupanggung dan SMA diwakili SMAN 1 Talangpadang.

“Pembinaan selama ini sudah optimal dengan melibatkan PKK dan juga OPD, harapan kami agar Tanggamus bisa menjadi yang terbaik sehingga mewakili Provinsi diajang nasional,” harap Dewi. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here