Kejurda KKI Diikuti 537 Atlet

206

KOTAAGUNG–Kabupaten Tanggamus menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuraan Daerah (Kejurda) Kushinryu M Karate Do Indonesia (KKI) X/2019 se Provinsi Lampung. Kejurda yang berlangsung di Aula Islamic Center Kotaagung, Jumat (4/10) tersebut dibuka oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani.

Ketua Umum Pengurus Kabupaten KKI Tanggamus, Ristika Trianita mengatakan bahwa dalam upaya pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga maka perlu adanya uji coba dan kompetisi dengan tujuan untuk mengukur kemampuan bertanding dan berlomba para atlet yang ada pada akhirnya adalah perolehan prestasi atlet dan daerah.

“KKI merupakan salah satu perguruan karate yang mampu berkembang dengan pesat di Provinsi Lampung. Oleh karena itu pengurus KKI Kabupaten Tanggamus mengadakan Kejurda KKI se Provinsi Lampung, “ujarnya.

Dilanjutkan Ristika bahwa Kejurda Karate ini ditujukan sebagai ajang bergengsi untuk atlet pra usia dini, usia dini, pra pemula, pemuda, cadet dan junior yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi Karateka ditingkat Provinsi Lampung.

“Melalui Kejurda diharapkan akan muncul bibit-bibit atlet berprestasi dan membanggakan, bukan hanya sebagai juara tapi melatih sportifitas, semangat juang, kejujuran, keberanian dan pembentukan karakter building dari para karateka, “katanya.

Dijelaskan Ristika bahwa dalam pertandingan yang memperebutkan Trophy Juara Umum Bupati Tanggamus tersebut terdiri dari tiga jenis pertandingan yaitu jujitsu, kata dan kumite dengan kategori usia, pra usia dini hingga junior dan kategori dibagi dua open tournament dan festival. Kejurda ini berlangsung hingga Minggu (6/10).

“Jumlah atlet yang bertanding seluruhnya 537 atlet, 29 kontingen dari enam kabupaten/kota se Provinsi Lampung. Adapun pembagiannya, open/prestasi usia dini-Junior diikuti oleh 184 atlet dan 16 kontingen, festival 445 atlet dari 28 kontingen dan beregu diikuti 13 atlet 2 kontingen,”terang Ristika yang juga Camat Bulok itu.

Sementara Ketua Umum Forki yang juga sekaligus Sekretaris Umum KKI Lampung Hanibal memberikan apresiasi atas terlaksananya Kejurda KKI X tahun 2019 se Provinsi Lampung. “Dengan adanya kejurda ini mudah-mudahan muncul bibit atlet berprestasi khususnya dari Tanggamus yang menjadi kebanggaan kita,” ujar Hanibal.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani memberikan semangatnya kepada para atlet yang bertanding. Banyak peserta dari kelompok anak usia dini membuat bupati kagum. “Selamat berjuang, semoga mendapat hasil terbaik,” ucapnya.

Ia juga berharap agar melalui kejurda KKI ini atlet atlet Tanggamus dapat meraih prestasi yang tidak hanya tingkat Tanggamus saja tapi juga nasional dan internasional.”Event ini juga jadi ajang untuk mempererat tali silahturahmi antar atlet karate, semoga atlet Lampung bisa berjaya lagi,”pungkas bupati

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan, Wabup Hi. A. M. Syafii, Sekda Tanggamus Hamid H. Lubis, Ketua Guru Dewan Pengurus Pusat KKI Iman Buchori, Ketua Komisi Perwasitan Forki Lampung Dwi Yanto, dewan juri dan jajaran pelatih karate. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here