Punya Potensi, Bupati Ingin Pariwisata Tanggamus Mendunia

312

KOTAAGUNG-Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani ingin agar pariwisata Tanggamus bisa dikenal smeua orang, tidak hanya lokal tapi juga mancanegara. Hal ini karena Tanggamus kaya akan potensi pariwisata alam sehingga tidak kalah dari pada daerah lain yang ada di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan bupati saat membuka Festival Teluk Semaka (FTS) tahun 2019, Selasa (17/9) di tempat wisata Air Terjun Waylaaan, Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur. Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan Cetik (Alat Musik Tradisional Lampung).

Menurut bunda sapaan akrab bupati, bahwa melalui FTS inilah segala potensi pariwisata yang ada di Tanggamus di eksplore , sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dilanjutkannya bahwa FTS 2019 merupakan salah satu event budaya yang rutin terselenggara setiap tahun. Melalui event ini, pemkab ingin menyampaikan pesan kepada khalayak, akan keberagaman budaya, kearifan lokal dan sekaligus menyajikan potensi-potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata daerah lain yang ada di Provinsi Lampung.

“Tentunya kami berharap melalui even ini, pariwisata Kabupaten Tanggamus akan mendapat perhatian dari berbagai kalangan yang berkepentingan dengan dunia pariwisata.Baik dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Tanggamus, juga terhadap para investor yang ingin mengembangkan sektor pariwisata, “kata bunda sapaan akrab bupati.

Sementara, Kepala Dinas, Kebudayaan, Pariwisata,Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanggamus Hj Retno Noviana selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa FTS tahun 2019 ini digelar dari 17 September Hingga 21 September dengan sejumlah rangkaian acara seperti dalam pembukaan yakni lomba mewarnai, lomba memancing, promosi produk UKM dan pasar rakyat.

“Tanggal 18 September rangkaian kegiatan yakni gebyar Kuda lumping di Rest Area Gisting,19 September Pelepasan Tour D’Semaka di Rest Area Gisting dengan mengeksplore sejumlah tempat wisata seperti air terjun Tirai,lalu 20 September akan diadakan Launching senam ratu di Lapangan Merdeka, siang harinya Parade Perahu Hias di Taman Wisata Muara Indah dan 21 September acara ditutup dengan , Pangan Balak, “jelas Retno.

Dilanjutkan Retno, bahwa FTS tahun ini mengambil tema “Kebayan Lampung” dengan meng-explore adat istiadat masyarakat Lampung di Kabupaten Tanggamus yang berkolaborasi bersama semua etnis.

“Dengan adanya FTS ini diharapkan dapat mempromosikan wisata yang ada di Tanggamus sehingga lebih dikenal lagi. Selain itu juga dengan adanya FTS ini diharapkan pendapatan dan perekonomian masyarakat khususnya yang ditinggal dilokasi wisata dapat meningkat,”terang Retno.

Turut hadir dalam pembukaan festival Teluk Semaka, Wabup Tanggamus Hi.A.M.Syafii, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Kajari Tanggamus David. P. Duarsa, S. H, MH, Kalapas Kotaagung Sohibur Racman, Seluruh kepala OPD, Seluruh Camat Se Kabupaten Tanggamus,Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati, Ketua DWP Ny. Nuraini Lubis, Kepala OPD dan seluruh camat. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here