Budayakan Konsumsi Pangan Pokok Lokal Melalui Kegiatan B2SA

633
Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi'i didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Sri Nilawati serta Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Soni Isnaini saat meninjau olahan makanan dalam kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), yang dilaksanakan di Aula serumpun Padi, Kecamatan Gisting, Selasa (17/9). Foto Diskominfo

GISTING–Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus melaksanakan kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), tingkat Kabupaten di Aula serumpun, Padi Kecamatan Gisting, Selasa (16/9).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membudayakan kembali konsumsi pangan pokok yang bersumber dari pangan lokal.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus Soni Isnaini, menyampaikan, Kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA tingkat Kabupaten Tanggamus dalam rangka menyambut hari pangan Sedunia (PHS) yang jatuh pada tanggal 13 Oktober mendatang, tujuan daripada kegiatan tersebut menurutnya ialah
untuk membudayakan kembali konsumsi pangan pokok yang bersumber dari pangan lokal di Kabupaten Tanggamus.

“Disamping itu, juga dengan diadakannya kegiatan pada hari ini diharapkan ketergantungan akan pangan pokok beras dapat dikurangi”Soni Isnaini.

Sementara itu, dalam arahannya Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i menyampaikan maksud dan tujuan lomba ini adalah tentunya menciptakan beragam menu makanan dalam bentuk siap saji dengan model Lounch Box dengan bahan non beras, berbeda dengan kreasi menu sebelumnya, melalui kreasi ini dapat menciptakan menu keluarga yang memiliki cita rasa tinggi, bergizi dan memiliki nilai jual ekonomi yang menjanjikan.

“Dengan lomba ini diharapkan ibu ibu dapat kreatifitas inovasi, dalam olahan pangan yang menarik, yang tidak saja bernilai gizi tetapi juga nilai komersialnya yang dapat dipasarkan,”harapnya.

Wabup juga berpesan kepada Tim PKK, KWT yang merupakan sebagai garda terdepan dalam penganekaragaman pangan untuk lebih gencar dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat kaitannya dengan pengolahan makanan pokok non beras sehingga menjadi tradisi dalam kehidupan sehari hari.

“Terlebih Kabupaten Tanggamus kaya akan potensi makananan pokok non beras yang bisa kita kelola, hal ini tentunya perlu sentuhan dari pada KWT dan Tim PKK untuk memberikan masukan dan pelatihan kepada masyarakat,”tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Konsumsi dan Pangan, Ir. Rahmawati, MSI, Asisten II Bidang Ekonomo Pembangunan FX Karjiono, Ketua PKK Sri Nila Wati, Ketua Dekranasda Tanggamus, Nuraini Lubis, Kepala Dinas KB dan PP Edison, Kepala Diskominfo, Sabaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno, Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega serta OPD lainnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here