Angka Pelanggaran Lalu Lintas Cenderung Menurun

331

KOTAAGUNG—Angka pelanggaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Tanggamus cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut tidak terlepas dari pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2019 oleh pihak kepolisian selama kurun 14 hari yakni dimulai pada tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Regident) Satlantas Polres Tanggamus, Iptu Sururudin ketika dikonfirmasi usai melaksanakan Operasi Patuh, Selasa (10/9) mengatakan bahwa jelang berakhirnya Operasi Patuh Krakatau 2019, para pengendara serta pengemudi telah memahami aturan dan ketentuan dalam berkendara, sehingga angka pelanggaran lalu lintas jika dibandingkan dengan hari pertama mengalami penurunan yang signifikan.

“Apalagi diwilayah Kotaagung ini, yang notabenenya jauh dari pengawasan, sehingga masyarakat baik itu yang hendak ke kebun dan lain sebagainya, kurang menyadari kelengkapan berkendara, akan tetapi dengan sosialisasi yang terus kita sampaikan serta operasi patuh ini, masyarakat menyadari akan pentingnya tertib berlalu lintas,”kata Sururudin.

Ia menerangkan, angka pelanggaran lalu lintas serta pengendara yang tidak melengkapi kendaraannya pada hari pertama digelarnya operasi patuh mencapai ratusan, sementara jelang berakhirnya operasi patuh yakni pada tanggal 11 September jumlah pelanggaran mencapai puluhan, dan ia berharap angka pelanggaran lalu lintas tersebut terus berkurang, bukan hanya pada saat dilaksanakan operasi patuh saja, melainkan pada hari hari lainnya, dan itu berdasarkan dari kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Karena inti daripada, operasi patuh ini untuk mengajak masyarakat untuk tertib lalu lintas, serta melengkapi surat kendaraanya, ini juga demi keselamatan pengendara itu sendiri, karena patuh tata tertib lalu lintas dan keselamatan di jalan raya sangat penting bagi pengendara dan pengemudi,”ujarnya.

Ia menerangkan, pada operasi patuh hari ini, Satlantas Polres Tanggamus memfokuskan di dua titik yakni perbatasan Kecamatan Gisting dengan Kecamatan Kotaagung Timur, sementara untuk wilayah Pringsewu dilaksanakan di perbatasan Kecamatan Gading Rejo dan Pringsewu, sementara untuk hari terakhir kegiatan operasi patuh khususnya di wilayah Tanggamus direncanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Talang Padang.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here