Sekda Minta Masyarakat Awasi Dana Kelurahan

1271

KOTAAGUNG- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid H Lubis mengingatkan agar lurah dapat mengelola dana kelurahan sesuai prosedur yang ada, sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat menjadikan permasalahan hukum terkait dengan pengelolaan dana Kelurahan kedepannya.

“Intinya kita ingin bahwa setiap kelurahan, dapat memanfaatkan dana kelurahan tersebut sesuai dengan peruntukannya, sehingga keinginan Pemerintah pusat tercapai,”katanya baru-baru ini.

Mantan Kadishub ini melanjutkan, bahwa untuk kelurahan, tahun ini baru saja mendapatkan dana keurahan dari Pemerintah Pusat, dengan itu pihak kelurahan dan para perangkatnya harus dapat memanfaatkan dana tersebut yang sesuaikan dengan hasil musyawarah terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).”Silakan bicarakan dengan pihak PM, apa saja yang akan dilakukan dengan dana kelurahan tersebut,”tegasnya.
Menurutnya, pemerataan pembangunan di segala bidang merupakan program utama pemerintah. Artinya, kelurahan harus bisa mengelola dana itu sesuai aturan, jangan sampai menyimpang karena nantinya akan merepotkan diri sendiri, terlebih lurah adalah ASN.”Ketika mengambil kebijakan harus di musyawarahkan ke lembaga terkait, supaya tidak timbul permasalahan di kemudian hari,”terangnya.

Sedangkan untuk pembangunan fisik, kata Sekda bahwa pihak kelurahan bisa saja menggunakan pihak ketiga atau pengembang, karena memang kelurahan ini sama dengan OPD, sehingga semua pembangunan fisik harus berdasarkan keputusan terlebih dahulu.”Jadi kalau soal pembangunan fisik, pihak kelurahan silahkan untuk melalui pihak ketiga atau swadaya, karena kelurahan ini sama dengan OPD. Tapi yang terpenting adalah harus melibatkan warga setempat,”imbuh Lubis.

Lebih jauh ia menjelaskan, di Tanggamus ini ada tiga kelurahan yakni Kelurahan Pasarmadang, Baros dan Kuripan tepatnya Kecamatan Kotaagung. Tiga kelurahan ini berada di jantung ibu kota sehingga pengawasan mudah dilakukan.”Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pembangunannya,”tutupnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here