Pastikan Pelayanan RATU , Tim Saber Pekan Sidak OPD

274

KOTAAGUNG—Tim III Sapu Bersih Pelayanan Mengecewakan (Saber Pekan) Pemkab Tanggamus, yang dipimpin Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan FB Karjiyono, melakukan kunjungan mendadak dalam rangka mengevaluasi pelayanan di sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan dilingkungan Pemkab Tanggamus, Senin (9/9).

Mengawali kunjungannya, Tim III Saber Pekan mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Untuk melihat pelayanan dokumen kependudukan, seperti pembutan KK, KTP, KIA dan Akte Kelahiran.

Dalam kesempatan tersebut Karjiyono menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan untuk mengevaluasi Pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), yang diprogramkan oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, OPD. “Selama setahun kepemimpinan bupati Tanggamus Dewi Handajani, sudah sejauh mana kualitas pelayanan publik yang dilakukan,” katanya.

Kemudian menyikapi hasil kunjungannya di Disdukcapil, setelah dirinya dan Tim berkeliling ke setiap ruangan. Juga berkomunikasi dengan masyarakat yang meminta pelayanan. Tim menilai pelayanan sudah baik dan tertata. Namun kondisi sebaliknya dari keberadaan sarana dan prasarana yang masih belum layak. “Ini semua sebagai masukan untuk kami Tim Saber Pekan, dan akan kami sampaikan kepada Bupati melalui pak Sekda, seperti meja kursi masih kurang layak, komputer kurang, gudang dan lain-lain,” terang Karjiyono.

Lebih lanjut Karjiyono menyampaikan bahwa sebenarnya Bupati sudah memiliki pemikiran untuk membangun kantor khusus pelayanan yang berada di satu tempat, agar masyarakat tidak repot dalam mendapatkan pelayanan administratif di Kabupaten Tanggamus. Namun mengingat keterbatasan anggaran, rencana tersebut belum bisa direalisasikan.

Usai dari Disdukcapil, Tim melakukan kunjungannya ke Kecamatan Kota Agung Timur dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Agung. Turut mendampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Muhaimin, Sekretaris Satpol PP Ahmad Ngalim, Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana Maradona dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Wawan Haryanto.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here