Fraksi Sudah, AKD Tunggu Ketua Definitif

696

PRINGSEWU -Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) Kabupaten Pringsewu akan dilakukan setelah ketua DPRD definitif terpilih. Saat ini DPRD setempat baru membentuk fraksi-fraksi.

“Untuk fraski sudah terbentuk. Ada delapan fraksi. Namun masih ada  partai politik yang belum mengirim surat mengenai siapa ketua fraksinya. Kalau alat kelengkapan lainnya, menunggu penetapan ketua DPRD definitif,” ungkap Ketua DPRD Pringsewu sementara, Suherman digedung DPRD Pringsewu,   Senin (2/9).

Ditambahkan Sekretaris DPRD Pringsewu Budi Hariyanto, delapan fraksi yang telah dibentuk itu:  Fraksi Golkar (Ketua Anton Subagio), Fraksi PDI Perjuangan (Ketua Aris Wahyudi), Fraksi Gerindra (Ketua Najarudin),Fraksi  PAN (Ketua Safruddin). Kemudian: Fraksi Demokrat (Ketua Nurul Ekwan), Fraksi PKS (Ketua Homsi Wastobir, dan Frasi gabungan PPP dan Nasdem (Ketua Johan Arifin)

“Untuk fraksi PKB belum diketahui siapa ketuanya, sebab hingga siang ini pukul 13.00 WIB, pihak partai belum mengirimkan nama ketua fraksinya,” terang Budi Hariyanto.

Dijelaskan Suherman , setelah fraksi-fraksi terbentuk, kemudian berlanjut pada pembahasan tata tertib DPRD. Setelah selesai pembentukan fraksi dan pembahasan tata tertib, kemudian dilakukan rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Setelah itu, barulah bisa dilakukan pembentukan alat-alat kelengkapan DPRD lainnya periode 2019-2024,” jelasnya. 

Menurut dia, formasi pembentukan alat kelengkapan dewan dipastikan sama dengan periode sebelumnya yang terdiri dari: empat komisi, badan musyawarah, badan anggaran, badan pembuat perda dan badan kehormatan.

“Sedangkan untuk pemilihan ketua komisi dan badan, akan dilakukan oleh anggota komisi yang akan disahkan melalui rapat paripurna,” pungkasnya. (Mul) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here