TIK Diharapkan Support Program Inovatif Pekon

257

GISTING-Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Tanggamus diharapkan dapat memberikan support dan inovasi bagi pemerintah pekon agar dapat melahirkan program yang inovatif. Hal ini bertujuan agar semua potensi dipekon dapat tergali dengan baik dan menghasilkan pendapatan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Tanggamu, Hi. AM. Syafi’i saat membuka kegiatan tim inovasi kabupaten (TIK) di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Jumat (30/8). Wabup menjelaskan bahwa sejatinya potensi yang dimiliki oleh pekon, dan itu bisa menghasilkan pendapatan di Tanggamus sangat banyak dan beragam, namun tentunya perlu upaya bersama termasuk peranan dari organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya yang tergabung dalam TIK, untuk memberikan support dan inovasi tersebut sehingga bisa dikelola dan menghasilkan pendapatan pekon.

“Jadi dengan adanya support dan inovasi dari TIK ini kita inginkan kedepan pekon telah miliki program yang inovatif, sehingga tidak hanya berpikir bagaimana serapan anggaran, tetapi menggali potensi potensi di pekon itu supaya menghasilkan pendapatan,”kata Wabup didampingi Asisten Bidang Ekobang Fb. Karjiyono.

Syafi’i menambahkan, saat ini ada empat program yang tengah menjadi konsen dari Pemkab Tanggamus, yaitu tentang Stunting, Kabupaten Layak Anak (KLA), lalu Adipura dan Program Open Defecation Free (ODF), dari empat program tersebut menurutnya diharapkan pemerintahan, kecamatan, pekon dapat ikut serta. Stunting misalnya, pekon diharapkan dapat mensupport dalam bentuk anggaran agar supaya proses penurunan angka stunting dapat terlaksana, termasuk peran serta dan kerjasama dalam menyukseskan program lainnya yang memang tengah menjadi konsentrasi dari Pemkab Tanggamus saat ini.

“Berkaitan dengan kegiatan TIK, saya meyakini semua pekon telah menyampaikan inovasi yang dimilikinya, tentunya inovasi tersebut berbeda beda, aplikasinya juga berbeda-beda, jadi memang tidak bisa serta merta bisa diwujudkan perlu proses, tetapi paling tidak melalui kegiatan ini kita sudah ada tahapannya,”ujar wabup. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Suyanto mendampingi Kepala Dinas PMD Idham Khalid menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut ialah sebagai koordinasi dan evaluasi progres pelaksanaan program inovasi daerah (PID) serta tindak lanjut pelaksanaan PID tahun 2018. Adapun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut, menurutnya ialah keputusan menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, nomor 4 tahun 2019, lalu Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat desa Kementrian desa PDTT RI nomor 2 tahun 2019 tentang petunjuk tekhnis program PID, serta Keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.152/32/08) 2019 Tanggal 20 Maret 2019 tentang pembentukan TIK serta tindak lanjut pelaksanaan PID tahun 2019.

“Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari TIK, yang meliputi OPD, Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Bappelitbang, Dinas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, serta Dinas Koperindag dan UKM,  TPID, Tenaga Ahli P3MD, Sekcam dan Kader Pembangunan Manusia, dengan menghadirkan narasumber yang melibatkan OPD,”tandasnya. (iqb) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here