Susun Program Kerja Tahun 2020, Pekon Kanoman Gelar Musdus

350

SEMAKA – Pemerintah Pekon Kanoman, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus melaksanakan kegiatan Musyawarah Dusun (Musdus), Sabtu (31/9) di pekon setempat.

Pj Kepala Pekon Kanoman Tri Kesuma Wardana melalui Kaur Perencanaan Ermanto mengatakan, kegiatan Musdus dilakukan untuk menampung usulan masyarakat, sebagai bahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di tahun 2020.

“Kegiatannya dilakukan secara bergilir di masing-masing dusun, yakni Dusun Rejomulyo, Dusun Kanoman Utara, Dusun Kanoman Selatan dan Dusun Kanoman Tengah,” katanya.

Ermanto menjelaskan, kegiatan Musdus merupakan agenda pekon yang dilaksanakan di setiap tahunnya. Disamping untuk menampung usulan – usulan masyarakat, ia menambahkan, Musdus juga merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan dipekon tersebut.

“Dimana hasil musyawarah dusun ini akan menjadi acuan bagi pemerintah pekon dalam menentukan kebijakan pembangunan yang akan menjadi priorotas di tahun 2020,” bebernya.

Kegiatan Musdus tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang ada di masing – masing dusun. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang menyampaikan usulan. Seperti di dusun Rejomulyo, Bapak Sagono, mengusulkan Sanitasi di tiap – tiap rumah yang memang benar – benar belum mempunyainya.

“Iya saya berharap ada Sanitasi. Agar di tahun 2020 Pekon Kanoman terbebas dari buang air besar sembarangan,” ujarnya.

Kemudian, ada juga warga di Dusun Kanoman Utara yang mengusulkan pembangunan jalan menuju lapangan. Dan perwakilan dari Kader Posyandu mengusulkan agar diadakannya peralatan kesehatan di tahun 2020.

“Usulan -usulan warga semuanya akan ditampung dalam Musdus ini. Mulai dari kesehatan, infrastruktur, ekonomi, sampai kegiatan – kegiatan lain yang nantinya akan dilanjutkan dalam Musyawarah Desa (Musdes),” pungkasnya. (CW1/Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here