Lampu Jalan Dekat Makam Padam, Warga Takut Melintas

359

PUGUNG – Delapan titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga surya di Jalan Lintas Barat Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, sudah lama dibiarkan padam. Kondisi tersebut membuat Jalinbar jadi terlihat gelap jika malam hari.

Pantauan Radar Tanggamus, delapan titik LPJU yang kondisinya padam itu lima diantaranya berada di Jalinbar Pekon Tiuhmemon dan tiga titik lainya berada di Jalinbar Pekon Tanjungheran, dekat areal persawahan.

Aprian, warga Pekon Tiuhmemon mengatakan, padamnya LPJU itu sudah berlangsung selama beberapa bulan terakhir. Namun hingga saat ini belum ada upaya perbaikan dari dinas atau instansi terkait.

“Setahu saya lampu jalan ini mati dari sebelum puasa. Dan sampai sekarang belum dibenerin,” katanya.

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab padamnya LPJU tersebut. Namun yang pasti lanjut dia, padamnya LPJU di Jalinbar itu dikeluhkan warga. Karena merasa tidak nyaman saat melintas karena kondisi jalan gelap. Terlebih lampu yang padam itu dekat tempat pemakaman umum (TPU).

” Iya, kalau jalan kaki
sedikit takut juga sih karena gelap, apalagi dekat TPU dan bambu-bambu. Tapi kalau pakai motor ya berani, karena bisa ngebut,” selorohnya.

Sementara itu, Budianto, salah seorang pengendara yang melintas mengaku, dengan padamnya LPJU tersebut berdampak terhadap pengendara yang melintas. Sebab, kondisi jalan yang gelap bisa jadi salah satu pemicu terjadinya kecalakaan, juga tempat untuk melakukan aksi kejahatan.

“Ya, harapan kami sih supaya LPJU ini bisa segera diperbaiki. Karena pasti sudah ada anggaran untuk pemeliharaan LPJU ini,” harapnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here