Puluhan Grup Kuda Lumping Unjuk Kebolehan

709

PRINGSEWU – Sebanyak 30 grup kesenian Kuda lumping di Kabupaten Pringsewu mengikuti Festival Kuda Lumping se Kabupaten Pringsewu tahun 2019 di Pekon Ambarawa Barat Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Rabu (28/8).

Ketua Panitia kegiatan YS Syafri dalam sambutannya mengatakan festival kuda lumping dilakukan selama 2 hari dari mulai tanggal 28-29 Agustus 2019, kegiatan ini rutin tahunan pemerintah kabupaten Pringsewu.

“Festival Kuda lumping yang sudah terdaftar kurang lebih 30 grup dengan dua kategori yakni Pegon dan Banyumas.  Pemenang lomba akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan dari pemerintah daerah kabupaten Pringsewu,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pringsewu Rustian dalam membacakan sambutan Bupati Pringsewu Hi. Sujadi mengatakan melalui festival untuk melestarikan budaya.

“Di Kabupaten Pringsewu terdapat banyak kelompok kesenian kuda lumping bahkan tidak sedikit setiap pekon ada lebih dari 1 grup sehingga bisa ada hampir 200 grup kesenian kuda lumping di Pringsewu,”Kata dia.

Dikatakannya, bila dikelola dengan baik akan menjadi potensi wisata di Kabupaten Pringsewu dan dinas akan melakukan pembinaan secara rutin termasuk kesenian lainnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here