Wow, Pekon Way Kerap Bangun Infrastruktur di 19 Titik Lokasi 

350

SEMAKA—Pemerintah Pekon Way Kerap, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, pada tahun ini mendapat kucuran Dana Desa sebesar Rp 1.481.779.453,00.

Dana tersebut terserap untuk lima bidang yakni bidang pembangunan, pemerintahan, pembinaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat hingga BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Rinciannya, untuk bidang pembangunan menyerap dana Rp 1.097.633.00,00; bidang pemerintahan Rp 294.710.861,20; bidang pembinaan kemasyarakatan Rp 11.606.676,00 ; bidang Pemberdayan Masyarakat Rp 4.395.000,00 dan Bumdes Rp 75.000.000

Untuk bidang pembangunan, Pemerintah Pekon Way Kerap mengalokasikanya untuk pembangunan talud penahan tanah, drainase, jalan rabat beton dan Gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Pembangunanya tersebar secara merata ke setiap dusun, mulai dari dusun I hingga Dusun IV. Totalnya, ada  19 titik lokasi pembangunan infrastruktur di Pekon Way Kerap.

Sejauh ini Pekon Way Kerap sudah merealisasikan pembangunan infrastruktur berupa talud dan drainase yang tersebar di 14 titik lokasi, dengan menggunakan anggaran dana desa tahap satu dan Tahap dua Tahun 2019.

“Pembangunan drainasenya merata di setiap dusun. Total panjangnya sekitar 539 meter. Sedangkan untuk pembangunan talud yang sudah direalisasikan berlokasi di Dusun I dan III, dengan total panjang sekitar 706 meter,” kata Pj Kepala Pekon Way Kerap Drs. Arifin didampingi Sekdes Muzairin dan Ketua TPK Imroni, kemarin.

Selain talud di Dusun I dan III, pada Dana Desa Tahap tiga nanti Pemerintah Pekon Way Kerap juga akan kembali merealisasikan pembangunan talud di Dusun II dan IV dengan total panjang sekitar 336 meter.

“Pembangunan talud juga kita lakukan secara merata di setiap dusun. Dan total panjang talud yang akan kita bangun tahun ini sekitar 1.042 meter,” ujar Arifin. 

Kemudian, masih Arifin, Dana Desa Tahap III juga akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan rabat beton di Dusun III dan IV sepanjang 161 meter dan Gedung PAUD berukuran 6×5 meter.

“Selain itu, dana desa juga kita manfaatkan untuk bidang lainya seperti pemerintahan, BUMDes,pembinaan dan pemberdayaan masyarakat pekon. Diantaranya PKK, BHP, LPM, guru PAUD, kader kesehatan, guru ngaji, majelis taklim, sanggar tari, bantuan Al-Quran untuk TPA, pelatihan Siskeudes, pengeras suara, jenset dan peringatan hari kemerdekaan,” ungkapnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here