Mayarakat akan Upacara di Kali Bulog

359

PRINGSEWU – Menjelang peringatan HUT RI, warga disibukkan dengan berbagai persiapan mulai dari memasang bendera merah putih, umbul umbul, mengecat gapura hingga persiapan berbagai macam perlombaan.

Namun ada yang berbeda dengan warga di Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Dalam menyambut HUT RI kali ini justru mereka mempersiapkan diri untuk menggelar upacara di kali bulog yang saat ini kering total.

Ketua Kelompok Tani Makmur Pekon Bulukarto Doni Febriantoko menjelaskan, peringatan HUT RI ke 74 yang jatuh pada hari Sabtu (17/8) besok akan digelar upacara pengibaran bendera merah putih di tengah kali bulog (dekat jembatan bulog) yang akan dihadiri sekitar 200 petani. “Ada 7 Kelompok Tani dan 3 KWT yang masing masing akan mengirim perwakilan 20 orang,” ujar Doni, Kamis (15/8).

Menurut dia, segala persiapan telah dilakukan semenjak seminggu terakhir seperti memasang tiang bendera dan latihan petugas pengibar bendera merah putih. “Kami juga melakukan kegiatan bersih bersih sungai yakni mengangkut sampah yang berceceran di kali bulog,” paparnya.

Dikatakan Doni, alasan petani memilih kali bulog sebagai tempat upacara,
adalah untuk memeriahkan HUT RI sekaligus untuk bersih bersih sungai. Kendati demikian para petani khususnya di sekitar bendungan way gatal dan bantaran kali bulog merasa khawatir atas kemarau yang terjadi saat ini karena tanaman padi mereka terancam gagal panen (puso).

“Petani juga mengharapkan ada solusi terbaik dalam menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan ini,” tandasnya. ( Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here