Dishub Tanggamus Ajukan Penambahan Rambu Lalin Jalinbar

116

Radartanggamus.co.id – Jalan lintas Barat (Jalinbar) di Kabupaten Tanggamus merupakan jalan lintas antar Provinsi. Selain kurang penerangan juga banyak jalan menikung. Meski demikian masih minim akan rambu lalu lintas (lalin). Padahal jalur lintas ini, cukup ramai dilalui kendaraan.

“Kalau jalan lintas menjadi tanggungjawab dari pihak provinsi. Kalau kabupaten baru kita,” terang sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Tanggamus, Suroyo mendampingi Kadishub setempat, Razi Azanisya.

Dijelaskannya, meskipun demikian pihaknya tidak tinggal diam. Dan terus berupaya untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.”Selama ini kita koordinasi ke Provinsi kalau masalah rambu-rambu. Tapi kalau penerangan saya rasa Jalinbar sudah terang, karena itu wewenang kita. Meskipun ada satu dua tiang yang lampunya mati karena rusak,”katanya.

Menurutnya, minimnya rambu lalin juga menjadi perhatian pihaknya. Sehingga beberapa titik yang selama ini rawan terjadinya kecelakaan sudah seharusnya mendapatkan tanda rambu, yang bertujuan sebagai petunjuk bagi pengguna jalan.”Ya, kami juga tetap berusaha, karena bagaimanapun titik rawan itu berada diwilayah kita, jelas kontaknya ke kita,”ujar dia.

Rambu paling prioritas lanjutnya, adalah rambu menikung. Mengingat di Tanggamus banyak sekali jalan menikung, serta jalur tanjakan dan turunan yang tak kala bisa mengancam pengguna jalan, terlebih kendaraan besar yang bermuatan bortonase. “Kami akan berkoordinasi dengan Dishub Provinsi, karena jalan lintas ini merupakan jalan negara,” imbuhnya.

Masih kata Suroyo, koordinasi diperlukan agar semua pihak terutama yang akan terlibat dalam pengamanan arus kendaraan di jalan lintas dapat mengetahui kondisi beberapa jalan yang masih minim rambu.“Daerah jalan lintas gunung seperti dari Pekon Batu Keramat ke Pekom Umbulbuah, Kecamatan Kotaagungtimur yang menjadi perhatian serius,

supaya kedepannya banyak dipasang rambu lalu lintas lebih banyak,” jelasnya. Lebih jauh ia menjelaskan, sebenarnya rambu banyak yang sudah di pasang sepanjang jalan negara itu, hanya ada beberapa titik rubuh dan hilang. Tentunya hal ini harus dipasang ulang, sementara tugas Tanggamus mengusulkan.

“Sudah sering kita usulkan namun tidak semua terealisasi. Ya, saya berharap agar bersabar, mudah-mudahan tahun depan rambu tersebut kembali ditambah,”pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here