Sekda Ajak Masyarakat Jaga Hutan dan Lingkungan

813

KOTAAGUNG- Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Drs.Hamid H.Lubis mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Bumi Begawi Jejama ini untuk selalu menjaga kelestarian hutan terutama lingkungan sekitar. Salah satunya tidak melakukan penebangan pohon dihutan dan tidak membuang sampah diselokan karena hal itu bisa menimbulkan musibah.

Sekda Tanggamus Hamid H Lubis kepada Radar Tanggamus baru-baru ini mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan harus ditingkatkan karena sejatinya hutan adalah paru-paru dunia yang saat ini sudah memiliki berbagai macam gangguan.

‚ÄĚKalau terjadi penebangan pohon secara liar tentu akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan, salah satunya terjadi musibah longsor dan banjir,”katanya.

Karenanya, sebelum terjadi bencana, Sekda mengajak semua untuk secara bersama-sama menjaga hutan tersebut dengan terus melakukan penanaman pohon. Sebab, jika hutan rusak yang merupakan habitat hewan buas akan keluar dan mengganggu masyarakat.”Kelestarian hutan dan lingkungan harus kita jaga supaya jauh dari bencana,”ujarnya.

Ia melanjutkan, tampa disadari akibat ulah oknum yang tidak bertanggujawab dengan melakukan penebangan pohon secara illegal, kemudian adanya hutan yang beralih pungsi menjadi perkebunan bencana selalu mengancam masyarakat.

“Kita harus bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan, jangan dirusak karena dampaknya sangat besar,”jelasnya.

Disamping itu juga mengenai lingkungan sekitar yang harus dijaga. Artinya, tidak membuang sampah diselokan sebab ketika hujan sampah akan menyumbat dan
meluap ke pemukiman warga.

“Bukan hanya itu, kalau lingkungan kita terjaga maka penyakitpun akan menjauh,”paparnya.

Sekda mengaku, tindakan perusakan hutan selain bisa menimbulkan bencana longsor dan banjir pelaku bisa diancam pidana.

“Mulai sekarang kita semua wajib menjaga kelestariam hutan, karena itu semua adalah tanggungjawab kita bersama,”ajaknya.

Sekda menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut melakukan penghijauan yang dimaksud. Sehingga lingkungan sekitar khususnya Tanggamus pada umunya bisa terjaga kelestarianya.

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk menujukkan kekompakan dalam mendukung seluruh program pemerintah. Kemudian kita bersama turut mengawasinya. Jika ada oknum yang sengaja merusaknya segera laporkan agar bisa ditindak lanjuti,”pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here