Langkah Konkrit, Pemkab Pringsewu Gandeng UT

393

PRINGSEWU – Jajaran Universitas Terbuka melakukan kegiatan sosialisasi kerjasama antara UT dengan Pemkab Pringsewu di Aula Utama Lantai 2 Kantor Sekretariat Pemkab Pringsewu, Rabu (7/8).

Hal tersebut sebagai tindak lanjut kunjungan Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. ke Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (16/7) lalu, serta kunjungan audiensi sebelumnya jajaran Rektorat Universitas Terbuka di ruang kerja Wabup Pringsewu.
Kegiatan yang diikuti para aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Pringsewu ini dibuka oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, S.T., M.M.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, S.T., M.M.
mengatakan Pemkab Pringsewu  menyambut baik kerjasama antara Universitas Terbuka dengan Pemkab Pringsewu, dalam rangka menciptakan sarjana-sarjana baru di Kabupaten Pringsewu melalui program UT.
Sementara itu, Kepala UPBJJ UT Bandar Lampung Sri Ismulyaty mengatakan  Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. “UT sendiri berdiri pada tahun 1981 dan menjadi perguruan tinggi negeri yang ke-45, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.41 Tahun 1984,” ungkapnya.
.
Istilah terbuka dalam sistem pendidikan UT, kata dia, mengandung makna bahwa setiap orang dapat menjadi mahasiswanya tanpa pembatasan usia, tahun kelulusan ijazah SLTA, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian. Sedangkan jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara mahasiswa dengan dosen, dimana jarak ini dijembatani dengan media yang khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh. “Di Kabupaten Pringsewu sendiri saat ini tercatat ada 1.000 an mahasiswa UT, sedangkan yang aktif ada sekitar 800 mahasiswa,” katanya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here