Benda Bekas Peninggalan Keratuan Semaka Kembali Ditemukan

2995
Warga Sanggiunggak menemukan benda bersejarah bekas pemujaan Skala Brak Buai Anak Tumi. Foto Uji Mashudi

BANDARNEGERISEMUONG – Warga Pekon Sanggiunggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, kembali menemukan sejumlah benda bersejarah yang diduga sisa peninggalan Keratuan Semaka.

Benda berupa pecahan keramik dan batu itu ditemukan di rawa yang terletak diantara Pulau Sakhih dan Cunggung Atas, Kamis (1/8). Daerah tersebut diketahui merupakan wilayah Keratuan Semaka pada zaman dahulu.

Abu Sahlan, keturunan dari Keratuan Semaka menjelaskan, awalnya ia bersama beberapa warga lainya sengaja mencari sisa-sisa peninggalan sejarah Keratuan Semaka di sekitar Pulau Sakhih dan Cunggung Atas.

Saat di rawa, aliran sungai kecil, mereka mendapati sebuah batu yang berdiri tegak, dengan posisi sedikit tertutup air sungai. Kemudian mereka berusaha menggalinya.

Setelah berhasil digali dan diangkat, batu dengan diameter lingkaran 50 centimeter dan panjang 76 centimeter itu diketahui adalah bekas pemujaan Sekala Brak Buai Anak Tumi.

“Sedangkan untuk pecahan keramik yang berhasil ditemukan itu beragam. Mulai dari keramik Swankhalok Thailand pada abad 14 sampai 16 Masehi. Kemudian pecahan keramik Dinasti Ming, Qing dan juga Eropa,” kata Abu Sahlan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here