Bupati Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

392

KOTAAGUNG- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengimbau agar masyarakat di bumi Begawi Jejama ini menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dalam menjaga keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat. Pasalnya, PHBS perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dimulai dari keluarga.

Bunda sapaan akrab Dewi Handajani menerangkan bahwa untuk berprilaku hidup bersih, memang harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Salah satu contohnya bagi kaum laki-laki yang punya kebiasaan merokok didalam rumah untuk dikurangi karena bisa merusak kesehatan keluarga terlebih para perokok pasif akan lebih berbahaya dibanding perokok aktif.

” Terutama didalam rumah ada bayi dan balita akan sangat merugikan kesehatan,” katanya.

Ia melanjutkan, kesadaran kaum laki-laki agar bisa menjaga kesehatan keluarganya, kalau memang juga harus merokok, buatlah area khusus atau pojok rokok disekitar rumah agar keluarga yang lain tidak dirugikan oleh polusi tersebut.

” Menjaga kesehatan itu mulai dari kita sendiri, karena hidup bersih sangat banyak sekali manfaatnya, terutama bagi kesehatan, apalagi kebersihan juga merupakan sebahagian dari iman,” ungkapnya.

Selain itu, kepada para pengurus PKK di Tanggamus agar tetap berperan aktif dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk melakukan PHBS, sehingga nantinya seluruh mastarakat di Tanggamus bisa berprilaku hidup bersih dan sehat.

” Memang semua itu butuh proses, namun jika menjaga kesehatan sejak dini maka kedepan masyarakat Tanggamus akan jauh dari penyakit. Kemudian para ibu PKK baik di Kecamatan maupun pekon agar bersama-sama mensosialisasikan PHBS ini, sehingga apa yang menjadi program pemerintah mengenai kesehatan bisa terwujud,” jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, tidak hanya PHBS mengenai asap rokok, tapi kebersihan lingkungan juga sangat penting. Contoh, tidak membuang sampah sembarangan, terutama diselokan air, kemudian menutup barang-barang yang terbuka yang bisa dijadikan nyamuk untuk bersarang.

” Yang paling penting menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan, dan harus menghindari adanya perabotan diluar rumah yang terbuka, karena itu bisa menjadi sarang nyamuk,”pungkasnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here